By Galih at 11.21 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Sobat pasti sudah familiar dengan sebutan computer kuantum, Apalagi bagi sobat yang selalu update dengan perkembangan ilmu teknologi (IT). Tapi tidak menutup kemungkinan juga masih ada yang kurang tau tentang komputer kuantum. Di bawah ini saya akan menjelaskannya, simak penjelasannya ya.

Komputer kuantum adalah komputer super yang menggunakan prinsip “fisika kuantum”. komputer ini memakai processor D-Wave yang melihatkan pemanfaatan efek yang disebut dengan terowongan kuantum. Dengan komputer kuantum ini kita dapat memecahkan beberapa jenis masalah seperti matematika hanya dengan sepersekian detik. Ide pembuatan komputer kuantum ini berasal dari beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennett dari IBM, David Deutsch dari University of Oxford, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois, dan Richard P. Feynman dari California Institute of Technology (Caltech).
Ada juga yang menginspirasi untuk pembuatan komputer di masa yang akan datang. Seperti pada halaman berikut yang membahas tentang komputer masa depan : Teknologi Komputer Masa Depan

Komputer Kuantum Yang Tercanggih 


Komputer Kuantum
Komputer kuantum ini tidak menggunakan Bits tapi menggunakan QuBits (Quantum Bits). Qubit adalah blok rangkaian dari komputer kuantum yang akan memberikan keuntungan sangat besar. Contohnya untuk mencari database yang luas, pemodelan sistem skala atom seperti molekul biologis, cracking enkripsi modern,  dan obat-obatan. komputer kuantum memiliki kemampuan yang super karena dengan memanfaatkan sifat-sifat kuantum tertentu dari atom maupun nukleus yang memungkinkan mereka bekerja bersama sebagai suatu bit kuantum atau QuBit yang memiliki fungsi sebagai processor sekaligus sebagai memori pada waktu bersamaan.

Baca juga penerapan teknologi nano di halaman berikut : Contoh Penerapan Teknologi Nano 

Salah satu kegunaan dari komputer kuantum yaitu untuk memecahkan sebuah kode rahasia, contohnya password. Misalnya, bergantung pada banyaknya digit yang harus dihitung. Makin sedikit jumlah digitnya, makin mudah, jika semakin banyak, tentu semakin susah. Tidak menutup kemungkinan jika nanti dengan teknologi kuantum kita dapat melihat secara detail seperti apa sebenarnya bentuk dan pergerakan atom.

Baca disini tentang Perkembangan teknologi pada komputer : Perkembangan Teknologi Komputer

Akses kecepatan yang  dimiliki komputer ini adalah 3.600 kali lebih cepat dari computer konvensional. Secara efektif, komputer kuantum ini dapat mencoba semua solusi yang mungkin dalam waktu bersamaan, dan memilih yang paling baik. Ada bocoran kalau komputer ini dihargai senilai US$ 15 juta jika dirupiahkan setara dengan 146 milyar rupiah tergantung nilai tukar rupiah. Harganya berlipat-lipat dari komputer biasa, harga yang fantastis.

Demikian penjelasan tentang Komputer Kuantum yang bisa saya berikan. Semoga artikel di atas dapat memberi informasi yang jelas.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar