By Galih at 12.22 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi 4G LTE (Long Term Evolution yang biasanya dipasarkan dengan sebutan 4G LTE) adalah standar komunikasi nirkabel high-speed data untuk telpon seluler dan terminal data. Sistem operasinya berdasarkan teknologi internet GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Teknologi jaringan tersebut meningkatkan kapasitas dan kecepatan yang menggunakan radio interface berbeda. Standar tersebut dikembangkan oleh 3GPP (3rd Generation Partnership Project).

Apa itu Teknologi 4G LTE dan mengapa itu penting


Pengertian Teknologi 4G LTE Dan Manfaatnya
Istilah LTE tidak dapat terlepas dari 4G, maka biasanya disebut 4G LTE. 4G LTE berarti generasi keempat dari teknologi data jaringan seluler sesudah 3G yang merupakan generasi ketiga. Sedangkan LTE kepanjangan dari Long Term Evolution artinya proses yang sangat teknikal untuk high-speed data yang digunakan pada telepon seluler dan perangkat mobile lainnya. Teknologi 4G dan LTE, keduanya sama-sama menjadi penyedia layanan internet berbasis 4G tercepat saat ini.

Menjadi jaringan tercepat yang tersedia saat ini berarti bahwa teknologi 4G LTE memiliki kecepatan download empat sampai lima kali lebih cepat dibandingkan jaringan 3G yang menandingi koneksi home broadband lainnya, meskipun fakta nya konsumen tidak harus berada di rumah untuk menilai sendiri kecepatannya. Namun konsumen dapat mengakses internet dimanapun selama sinyal 4G dapat dijangkau oleh perangkat yang digunakan, seperti smartphone, tablet dan mobile hotspot.
4G LTE dapat mengakses data lebih cepat dibandingkan 3G. Istilah data tersebut artinya segala sesuatu selain SMS (simple text message) dan panggilan telpon, melainkan download berbagai aplikasi, mengecek email, menonton video di Youtube atau mendownload gambar yang memerlukan penggunaan data. Singkatnya data adalah segala sesuatu yang diakses oleh smartphone maupun tablet. Ada banyak kemajuan dalam teknologi jaringan 4G LTE yang memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Ada beberapa contohnya sebagai berikut :

Pergerakan 4G : jaringan nirkabel dalam alat transportasi
Dalam industri distribusi, memiliki kendaraan yang terhubung dengan jaringan internet lebih penting dibandingkan hanya navigasi satelit untuk pengemudi. Menggunakan jaringan mobile memudahkan tim bagian pengiriman untuk mendapatkan informasi waktu yang tepat setiap kendaraan yang masuk dalam armada pengiriman, sehingga hal tersebut membantu untuk efisiensi pengeluaran/cost. Kemudahan akses data tersebut menciptakan pengaturan bahan bakar yang lebih baik, pengaturan rute jalan yang tepat dan navigasi armada yang lebih efisien.

Baca juga : Aplikasi Kamera Tembus pandang

Teknologi 4G LTE juga mempermudah tim pengiriman untuk memperhatikan optimasi pengiriman. Sama halnya seperti melacak kendaraan, menggabungkan jaringan mobile dengan teknologi seperti radio frequency identification (RFID) memudahkan kita untuk memeriksa keseluruhan asset yang dimiliki kapanpun kita mau atau merencanakan hal-hal yang ingin di update dalam selang waktu yang tetap.
Pengertian Teknologi 4G LTE Dan Manfaatnya

Jika kita bekerja pada rantai logistik di bidang barang-barang yang memerlukan suhu dingin dalam pengiriman-nya, maka teknologi 4G LTE menjadi solusi yang tepat untuk mempermudah kita melihat dan menjaga temperatur truk dari pusat. Untuk itu kita hanya perlu menambahkan sensor sehingga kita dapat mengaturnya dari jarak jauh. 4G LTE membantu untuk menjaga industri energy yang berada di lokasi terpencil tetap terhubung dengan armadanya.

Baca juga : Aplikasi SMS Android

Perusahaan-perusahaan energi sering berada di antara perusahaan distribusi. Perusahaan-perusahaan energi memiliki banyak sumber tambang, seperti sumber tambang minyak, gas alam dan kincir angin yang tersebar di banyak wilayah, bahkan sampai di wilayah pedesaan terpencil sehingga konektivitas jaringan yang harus selalu terhubung dengan pusat menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Dalam dunia industry waktu adalah hal yang sangat penting, sehingga dibutuhkan jaringan internet yang bagus untuk mendukung pengaturan waktu yang tepat. Ada beberapa cara yang digunakan oleh industri energi dalam menggunakan teknologi cradlepoint 4G LTE yang bertujuan untuk menciptakan efisiensi operasional, meningkatkan keamanan dan mengurangi biaya OPEX dan cara-cara tersebut antara lain :

Mengatur saluran pipa
Salah satu customer Cradlepoint yaitu salah seorang produsen minyak dan gas memiliki saluran pipa yang melintang melewati tiga negara. Perusahaan telah memasang lebih dari 100 perangkat Cradlepoint sepanjang saluran pipa untuk secara terus-menerus memonitor sensor yang mengukur jumlah minyak yang mengalir melalui pipa. Operator juga dapat mendeteksi penurunan aliran yang cepat sehingga dapat memberikan respon yang cepat dengan mengirimkan kru untuk memperbaiki area tersebut sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Konektivitas pada lokasi pengeboran
Perusahaan menyebarkan solusi Cradlepoint pada lokasi pengeboran gas dan minyak dengan menggunakan perangkat untuk menangkap dan membawa data dari sumber pengeboran yang berada di wilayah terpencil. Konektivitas Cradlepoint juga didukung oleh kru yang bekerja menggunakan jaringan WIFI di lapangan.

Baca juga : Aplikasi font android

Demikian informasi tentang teknologi 4G LTE yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat, terima kasih.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar