By Galih at 12.00 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Sebelum membahas tentang dampak bioteknologi terhadap lingkungan marikita  bahas sedikit tentang manfaat bioteknologi. Bioteknologi sangat membantu dan bermanfaat sekali dalam kehidupan manusia. Sampai sat ini para ilmuwan  terus melakukan penelitian di dalam bidang bioteknologi dengan tujuan untuk mendapat produk dan jasa yang diharapkan.

Dampak Bioteknologi Terhadap Lingkungan


Dalam penerapan sistem Bioteknologi ada beberapa dampak positif dan dampak negatif yang tidak dapat dihindarkan. Dibawah ini akan kami berikan contoh dampak dari bioteknologi, baik itu dampak positif dan dampak bioteknologi terhadap lingkungan.

Baca juga pengertian Bioteknologi pangan disini : Bioteknologi Pangan dan Contohnya

Dampak positif Bioteknologi

Dampak Bioteknologi Terhadap Lingkungan dan Kesehatan
  • Bioteknologi dapat mengatasi kurangnya bahan makanan (vitamin dan protein). Dengan sistem bioteknologi, bahan makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari dapat diproduksi secara lebih cepat tanpa memakai ruangan yang luas (misalnya PST).
  • Bioteknologi dapat membantu mengatasi kesehatan dengan cara menyediakan obat-obatan untuk memberantas penyakit dengan  harga lebih murah.
  • Bioteknologi menyediakan berbagai senyawa organik seperti asam asetat, alkohol, gula, protein, bahan makanan, vitamin.
  • Kelebihan Bioteknologi yang terbuat dari kotoran dapat menghasilkan energi, misalnya biogas.
  • Keunggulan yang menonjol yaitu dapat memperbaiki lingkungan (contohnya bakteri pencerna limbah)
  • Keuntungan Bioteknologi yang sering di bicarakan yaitu dapat Mengatasi kesulitan memperoleh keturunan  atau mandul dengan cara bayi tabung.


Dampak Bioteknologi terhadap lingkungan


Dampak Bioteknologi Terhadap Lingkungan dan Kesehatan
Dampak negatif bioteknologi pasti ada terutama terhadap lingkungan. Timbulnya dampak yang merugikan terhadap lingkungan dan keanekaragaman hayati disebabkan oleh potensi terjadinya aliran gen ke tanaman sejenis.

Pelepasan organisme transgenik (perubahan secara genetik) ke alam bebas dapat menyebabkan efek berupa pencemaran biologi yang mungkin lebih berbahaya daripada pencemaran nuklir dan kimia. Dengan adanya rekayasa genetika, perubahan genotipe tidak akan berjalan secara alami dan tidak sesuai dengan dinamika populasi, melainkan menurut kebutuhan si pembuat bioteknologi itu.

Ada juga info Bioteknologi Pertanian yang bermanfaat untuk dibaca, ini artikelnya : Bioteknologi Pertanian Terbaru

Perubahan yang sangat drastis ini akan menimbulkan mara bahaya, bahkan kehancuran. Menciptakan  atau menghasilkan makhluk hidup yang seragam serta bertentangan dengan prinsip di dalam biologi sendiri, yaitu keanekaragaman. Contoh lain adalah pembuatan kecap atau tempe dalam skala besar bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan yang cukup parah. Hal ini di sebabkan karena air limbah dan kulit kedelai yang dibuang setelah proses pembuatan tempe. Apabila dibiarkan tergenang dalam waktu yang cukup lama, limbah tersebut dapat mengubah lingkungan sekitarnya menjadi tidak sehat.

Akan lebih bahaya lagi jika air limbah dari proses pembuatan tempe atau kecap dibiarkan mengalir ke kolam-kolam ikan atau ke lahan persawahan milik warga, maka pertumbuhan ikan atau tanaman pasti terganggu, bahkan bisa mati. Selain dapat meracuni organisme yang hidup di dalam air, limbah ini juga menimbulkan aroma yang tidak sedap. Untuk itu maka perlu ditangani secara baik agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Baca juga berita tentang teknologi masa depan di bawah ini :
  1. 11 Teknologi Masa Depan Tercanggih - New !!
  2. Perkembangan Teknologi Komputer Di Masa Depan New !!
  3. Teknologi Handphone Masa Depan Tercanggih - New !!
Semoga artikel diatas bisa menambah pengetahuan tengtang teknologi di masa depan.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar