By Galih at 15.26 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Bioteknologi pertanian adalah teknik modern untuk memelihara tanaman. Selama berabad-abad para petani telah mencoba untuk memperbaiki hasil panen mereka dengan cara melakukan penyilangan tanaman, yaitu dengan mengandalkan penataan ulang atau menyilangkan. Dua tanaman dari gen yang ada yang berasal dari tanaman induk yang berbeda secara genetik sehingga menurunkan sifat-sifat dari kedua tanaman induk.

Untuk saat ini penerapan bioteknologi pertanian memang hampir tidak ada habis-habisnya, hal itu menunjukkan bagaimana bioteknologi sangat berperan penting dalam dunia pertanian. Bioteknologi pertanian diterapkan hampir kepada semua jenis tanaman, terutama untuk tanaman yang kita konsumsi sehari-hari adalah projek dari bioteknologi. Contohnya saja seperti hasil bumi, susu dan bahan makanan lainnya merupakan hasil dari bioteknologi pertanian.

Bioteknologi Pertanian


Melalui manipulasi genetik, para ilmuwan dapat menciptakan hasil panen yang lebih dibandingkan tanaman-tanaman yang sama yang tidak dimodifikasi dengan bioteknologi. Selain itu bioteknologi juga bermanfaat untuk memperbaiki gen sehingga sebuah tanaman memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Contohnya saja proyek The golden rice atau beras emas.

Bioteknologi terhadap Tanaman Padi

Bioteknologi Pertanian Terbaru

Para ilmuwan telah menggunakan teknik genetik untuk memproduksi beras yang kaya akan vitamin A. Pilih padi yang telah memiliki gen yang akan memproduksi vitamin A dari berbagai varietas padi, kemudian gen tersebut di non aktifkan terlebih dahulu selama proses pertumbuhan, kemudian gen tersebut dimasukkan ke varietas padi golden rice yang akan menjaga vitamin A tersebut, lalu gen vitamin A akan diaktifkan kembali.
Selain memberikan varietas padi yang lebih baik, penerapan bioteknologi pertanian membuat tanaman mampu untuk tumbuh di lingkungan yang lebih luas. Beberapa tanaman hanya dapat tumbuh dengan baik pada iklim dan kondisi tanah tertentu. Dengan mencampurkan gen dari organisme tanaman lainnya, para ilmuwan dapat mengubah tanaman-tanaman tersebut sehingga dapat tumbuh pada iklim kering yang tidak baik untuk tanaman tersebut. Sedangkan tanah yang sebelumnya untuk tanaman tersebut dapat diperbarui kembali untuk ditanami padi yang mampu tumbuh di iklim kering.

Selain Bioteknologi Pertanian ada juga Bioteknologi Pangan yang mempunyai banyak manfaat. Untuk info lebihjelas baca disini : Bioteknologi Pangan Dan Contohnya

Keunggulan Bioteknologi Pertanian

Bioteknologi Pertanian Terbaru
Penerapan bioteknologi pertanian juga mampu membuat tanaman lebih tahan penyakit, hama dan bahan kimia. Gen memberikan tanaman sebuah pertahanan terhadap ancaman yang biasanya dapat memusnahkan seluruh generasi tanaman. Manipulasi genetik dapat membuat tanaman menjadi beracun untuk hama namun masih aman untuk dikonsumsi manusia yang tidak menderita alergi tertentu.

Selain itu para ilmuwan juga dapat mengembangkan gen yang akan membuat tanaman tidak akan mudah terkontaminasi dengan pestisida dan herbisida sehingga para petani dapat merawat tanaman mereka dengan bahan kimia. Peran manipulasi genetik juga tidah selesai sampai disitu saja, dengan memasukkan gen baru atau mematikan gen yang sudah ada, para ilmuwan dapat merubah segalanya, mulai dari bentuk buah dari tanaman sampai rasanya.

Meskipun teknik genetik dan modifikasi banyak membuahkan hasil, namun itu semua tidak dapat lepas dari kritik. Beberapa ilmuwan, petani dan aktivis pertanian khawatir apakah modifikasi genetik dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Memang teknik rekayasa genetik pada tanaman memberikan keuntungan yang cukup melimpah untuk hasil panen karena tumbuhan dapat dimodifikasi untuk tumbuh di tanah yang telah tersedia meskipun pada dasarnya tumbuhan tersebut tidak mampu untuk berkembang di tanah itu.

Meskipun tumbuhan hasil dari rekayasa genetik mampu bertahan dari serangan hama sehingga lingkungan tidak lagi banyak terkontaminasi oleh pestisida namun bioteknologi pertanian juga memberikan ancaman bagi lingkungan dan kesehatan. Sebagai contoh dalam penerapan bioteknologi pertanian menggunakan pupuk tertentu yang berasal dari bahan-bahan kimia dan pastinya hal tersebut dapat merusak lingkungan. Ditambah lagi banyaknya tanaman hasil dari rekayasa genetik menjadi ancaman bagi ekosistem.

Kekhawatiran Masyarakat Terhadap Bioteknologi Pertanian

Bioteknologi Pertanian TerbaruSedangkan dampaknya bagi kesehatan manusia yaitu kekhawatiran akan gen-gen baru yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui tanaman pangan hasil rekayasa genetik. Hal tersebut dikhawatirkan apabila beberapa orang alergi akan suatu zat tertentu sehingga dapat menimbulkan keracunan atau gangguan kesehatan lainnya.

Selain itu perkembangan bioteknologi pertanian modern juga mempengaruhi dunia ekonomi. Bayangkan saja beberapa negara yang telah menerapkan bioteknologi modern tersebut tentunya akan mendominasi pasar hasil bumi dunia. Yang mana tentunya negara-negara tersebut lebih banyak menghasilkan komoditas pangan dengan varietas yang unggul dan melimpah. Sedangkan bagi negara-negara yang belum mampu untuk menerapkannya akan jauh tertinggal.

Baca juga ya info tentang teknologi di bawah ini.


Terimakasih telah berkunjung di Blig Home Tekno, silahkan berkomentar jika ada pertanyaan.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar