By Galih at 13.34 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Pangan adalah kebutuhan primer dalam kehidupan manusia. Kekurangan bahan pangan pada suatu wilayah atau negara mengancam keberlangsungan hidup penduduknya. Bahkan bisa terjadi musibah busung lapar, oleh karena itu para ilmuwan selalu berusaha melakukan penelitian untuk menemukan metode-metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah bahan pangan seiring dengan meningkatnya populasi dunia. Salah satu penemuan yang memberikan angina segar untuk mengatasi krisis pangan yaitu metode bioteknologi pangan.

Buah-buahan, sayuran, padi-padian dan binatang yang kita lihat sekarang ini kebanyakan hasil dari modifikasi genetik. Bioteknologi memperbaiki dan memperluas metode-mtode yang digunakan untuk memproduksi tanaman dan hewan. Bioteknologi memiliki sejarah yang panjang dalam proses produksi makanan. Selama sepuluh ribu tahun, fermentasi yang merupakan salah satu contoh dari bioteknologi pangan telah digunakan untuk membuat wine, bir dan roti.


Bioteknologi Pangan

Bioteknologi Pangan Dan Contohnya

Kawin silang dalam dunia hewan juga telah lama dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik, seperti jenis sapi jantan tertentu yang memiliki keunggulan dalam sifat-sifat tertentu dikawinkan dengan sapi betina yang memiliki kelebihan tertentu sehingga akan menghasilkan keturunan yang memiliki sifat-sifat kedua induknya.

Australia adalah produsen dan pengekspor gandum terbesar di dunia. Gandum, beras dan tanaman padi-padian lainnya adalah tanaman yang sangat berharga karena itu semua adalah sumber karbohidrat yang merupakan zat primer bagi tubuh manusia. Gandum, beras dan tanaman padi-padian lainnya adalah sumber bahan pangan dunia. Oleh karena itu hasil dari tanaman pangan tersebut kebanyakan telah melewati proses bioteknologi pangan.
Para ilmuwan sedang bekerjasama dalam proyek bahan pangan yang bertujuan untuk mengidentifikasi molekul dan strategi implementasi yang dapat digunakan dalam pemilihan kualitas, pertahanan terhadap penyakit, sifat-sifat fisiologis dan agronomi pada tanaman gandum. Sebagai contoh molekul digunakan untuk mengembangkan pertahanan gandum terhadap hama nematoda.

Proyek bioteknologi pangan pada padi-padian


Bioteknologi Pangan Dan Contohnya
Sedangkan untuk tanaman padi yang menjadi sumber bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia juga telah dihasilkan melalu metode bioteknologi. Contohnya yaitu golden rice atau beras emas, beras emas ini berwarna kuning menyerupai emas, namun warna kuning tersebut terjadi secara alamiah bukan dari hasil penyepuhan.

Golden rice sendiri adalah beras yang kaya akan vitamin A dan zat besi sehingga dapat membantu banyak orang yang mengalami kebutaan dan kekurangan vitamin. Vitamin A sangat penting bagi tubuh manusia karena vitamin A membantu meningkatkan penglihatan mata, kekebalan tubuh, perbaikan sel dan pertumbuhan tulang.

Terciptanya beras emas itu sendiri tidak lepas dari rekayasa genetik yang dilakukan pada proses pertumbuhan tanaman. Hal itu dilakukan dengan cara memasukkan gen dari varietas padi yang memiliki gen vitamin A ke dalam varietas padi yang lain, sehingga menicptakan hasil panen beras emas yang melimpah.

Sejumlah sayuran juga merupakan hasil dari bioteknologi. Sayuran juga merupakan komoditas ekspor dan kebutuhan pangan yang penting bagi manusia di seluruh dunia. Dalam dunia ekonomi, para petani merasa sangat diuntungkan dengan hadirnya bioteknologi tanaman karena menghasilkan panen yang berkualitas unggul dan melimpah.

Proses bioteknologi pada bahan makanan


Bioteknologi Pangan Dan Contohnya
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa banyak bahan makanan yang diolah dari hasil boioteknologi dengan cara fermentasi. Contohnya yoghurt, makanan yang berasal dari susu yang dipasteurisasi sehingga sebagian besar kandungan lemaknya terbuang. Caranya yaitu dengan memasukkan mikroorganisme lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophillus ke dalam susu dengan takaran tertentu sesuai dengan banyaknya susu.

Kemudian disimpan selama kurang lebih 5 jam pada suhu 45 derajat Celsius sehingga tingkat PH nya turun menjadi 4,0 dan jadilah makanan yang kita sebut yoghurt. Selain itu ada juga tempe yang merupakan hasil fermentasi dari ragi. Caranya taburkan ragi pada kedelai yang ditempatkan dalam suatu wadah kemudian tutup wadah tersebut rapat-rapat dan simpan di tempat yang lembab serta jauh dari sinar matahari. Diamkan selama 24 jam sehingga keeping-keping kedelai akan menyatu dan jadilah apa yang kita sebut dengan tempe.

Bioteknologi Pangan Dan ContohnyaTempe bisa terbentuk karena adanya perkembangbiakan spora mikroorganisme dalam ragi. Untuk membuat tempe diperlukan empat jenis ragi yang mengandung rhyzopus oligosporus, rhyzopus stolonifer, rhyzopus arrizus dan rhyzopus oryzae. Selain yoghurt dan tempe masih banyak bahan makanan lain yang merupakan hasil fermentasi seperti keju, kecap, tapi dan masih banyak yang lainnya. Lihatlah banyak sekali manfaat bioteknologi untuk menciptakan bahan makanan yang tentunya sangat berguna bagi meningkatnya jumlah bahan pangan di dunia.  

Dari beberapa penjelasan dan contoh tentang Bioteknologi Pangan diatas, saya harap sobat dapat mengerti apa itu bioteknologi pangan dengan jelas. Baca juga info tentang teknologi masa depan di bawah ini.
  1. Teknologi Handphone Masa Depan Tercanggih - New !!
  2. Teknologi Masa Depan 2020 Yang Mulai Di Buat - New !!
  3. 11 Teknologi Masa Depan Tercanggih - New !!
Semoga beberapa info teknologi masa depan diatas bermanfaat untuk sobat. Terima kasih telah berkunjung, untuk bertanya silahkan berkomentar.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar