By Galih at 11.03 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Jerman merupakan salah satu pusat teknologi besar di dunia. Jerman memang memiliki banyak inovasi canggih di bidang teknologi. Ada beberapa Inovasi teknologi Jerman yang sudah mendunia dan mendapat sambutan baik bagi pemakainya. Apa saja teknologi tersebut? Marikita simak beberapa contohnya dibawah ini.

Inovasi Teknologi Jerman yang Mendunia


1. Sinar X
Sinar X adalah alat yang berguna untuk mendeteksi penyakit atau kandungan lain pada tubuh manusia dengan menggunakan teknologi cahaya tembus pandang, Teknologi sinar X ini dikembangkan sejak tahun 1895 oleh ilmuwa Wilhelm Conrad Rontgen di laboratorium University of Wurzburg. Sampai saat ini spektrum cahaya tersebut masih digunakan dengan nama Rontgen.
10 Teknologi Jerman Yang Mendunia

Tapi beberapa waktu setelah banyak mengalami pengembangan, Rontgen memnemukan penemuan baru yang misterius dan diberi sebutan X. Dia menemukan foto atau radiograf, Awalnya Rontgen melakukan percobaan dengan melihat tangan istrinya dengan alat tersebut dan gambar tersebut terlihat sangan jelas dalam bentuk transparan dan lengkap dengan cincin yang ada di jari istrinya. Sejak saat itulah teknologi sinar X diyakini pertama kali muncul.
2. Mobil
Butuh beberapa orang ahli yang jenius di Jerman untuk menempatkan teknologi four-stroke di atas roda. Perusahaan otomotif di Jerman yang paling menonjol antara lain, Karl Benz di Mannheim (1886) dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart (1889). Kedua ilmuwan itulah yang merupakan awal kebangkitan dari teknologi mobil di Jerman.

3. C-Leg (Kaki Palsu)
mengembangkan kaki palsu memang tidak mudah, diperlukan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan pembuatan kaki palsu. Namun pada tahun 1997, Lower Saxony yang bergerak di perusahaan HealthCare memberikan penemuan kaki palsu yang memakai mikroprosesor terkontrol pertama yang dapat bergerak. Ini adalah awal dari kehidupan baru bagi pasien yang terpaksa harus mengamputasi bagian kakinya.
10 Teknologi Jerman Yang Mendunia

4. Mesin Jet
Para insinyur-insinyur di Jerman mulai mendesain sendiri sebuah mesin jet di tahun 1935. Ide ini pertama kali muncul di Jerman saat melihat pesawat Ernst Heinkel dan para insinyur tersebut segera melihat potensi yang ada. Serangkaian awal mencapai puncaknya dengan membuat mesin dengan bahan bakar bensin yang terdapat pada pesawat sederhana tersebut. Pesawat '178' adalah mesin jet pertama yang dapat melakukan penerbangan perdana di kota Rostock sebelah pesisir timur laut di bulan Agustus 1939.
10 Teknologi Jerman Yang Mendunia

5. MP3
Jerman sangat berpengaruh kuat pada perkembangan musik pop di dunia. Pada awal tahun 1990, teknologi serta aplikasi untuk mengurangi kapasitas file suatu musik atau lagu mulai dikenal dengan nama MP3. MP3 pertama kali diciptakan oleh lembaga riset Fraunhofer. Ide tersebut awalnya dikembangkan di benua Eropa dan akhirnya sampai saat ini aplikasi musik tersebut dapat dinikmati oleh semua pecinta musik dunia.

6. Komputer
Siapa yang mengira jika komputer adalah penemuan dari negara Jerman. Komputer pertama dibuat di ruang tamu Konrad Zuse pada tahun 1936. Perangkat komputer pertama yang dibuat Zuse diberi nama Z1, yang sudah diakui sampai saat ini sebagai program komputer pertama yang dapat dikendalikan secara digital.

Zuse juga melanjutkan pengembangan pada komputer Z1 untuk merancang bahasa pemrograman pertama pada tahun 1940-an, karana hal tersebut matematikawan modern memandang Zuse sebagai orang yang jenius. Pada waktu itu Zuse mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Zuse KG. Perusahaan ini bertempat di negara bagian Hesse. Setelah berkembangnya komputer itulah baru disusul oleh raksasa komputer lainnya seperti perusahaan IBM dan Siemens, yang keluar di tahun 1967.

7. Tape Recorder
Ada Seorang anak dari keturunan Jerman yang bernama Fritz Pfleumer, dia tidak hanya menciptakan sebuah pita rekaman audio pertama di dunia. Dia juga orang pertama yang dapat menciptakan campuran rekaman di Dresden pada tahun 1927-an. Pada salah satu demonstrasi awal, kertas yang sangat tipis dilapisi atau ditutupi dengan bubuk oksida besi, Pfleumer menunjukkan jika rekaman itu dapat dipotong dan kembali selaras, sehingga setiap remaja dapat membuat DJ yang populer hingga saat ini.
10 Teknologi Jerman Yang Mendunia

Setahun kemudian Pfleumer memproduksi alat perekam kaset pertamanya, meskipun hardware yang sangat berat dan membutuhkan 900 meter pita rekaman untuk dapat digunakan merekam suara selama satu jam, tapi di tahun 1932 perusahaan AEG yang berbasis di Frankfurt membeli hak cipta dari penemuan Pfleumer tersebut dan dengan cepat AEG mengembangkan tape recorder pertama secara massal atau besar-besaran.

8. Scooter water
Pada tahun 1967, ada seorang pria komunis dari Jerman Timur yang bernama Bernd Bottger, dia ingin melarikan diri dengan cara menyebrangi Laut Baltik. Secara tidak disengaja Bernd Bottger menemukan scooter air yang digunakan sebagai mesin bermotor yang bisa dijalankan di atas air.

Namun upaya pelariannya berhasil terungkap dan Bernd Bottger dipenjara selama delapan bulan. Setelah bebasdari tahanan Bernd Bottger  mulai memproduksi scooter water dengan marger dan bekerjasama dengan perusahaan ILO yang sekarang menjadi merek dagang di seluruh dunia.

9. Kondom Spray
Penemuan yang dilakukan pada tahun 2006 oleh Jan Vinzenz Krause dari Institute for Condom Consultancy menciptakan spray yang dapat dipakai sebagai kondom modern. Spray yang disemprotkan pada alat vital laki-laki ini hanya membutuhkan waktu satu menit saja  untuk mengering dan membentuk lapisan khusus lateks.Ini merupakan kondom modern yang tentunya lebih praktis.

10. Teknologi kristal cair
Teknologi Kristal cair pertama kali ditemukan dari kolesterol yang diekstrak dari wortel. Ini dilakukan oleh kimiawan dari Austria yang bernama Friedrich Richard Reinitzer di tahun 1888. Tapi induk dari teknologi kristal cair ini secara umum diakui sebagai penemuan Otto Lehman dari Karlsruhe di Jerman Barat.

Kristal cair yang ditemukan oleh Otto Lehman memiliki suhu yang lebih tinggi dan setelah bertahun-tahun mengadakan penelitian, akhirnya Otto Lehman menerbitkan makalahnya "Kristal Cair" di Leipzig pada tahun 1904.

Baca juga teknologi masa depan yang akan hadir menemani anda di bawah ini :

  1. 20 Teknologi Yang Akan Hadir Di Masa Depan - New !!
  2. 4 Teknologi MotoGP Terbaru Tahun Ini
  3. Teknologi Masa Depan 2020 Yang Mulai Di Buat

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga  artikelnya bermanfaat, terimakasih.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar