By Galih at 10.54 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi MotoGP - Motor yang digunakan para rider Moto GP memang rata-rata memiliki kecepatan yang sangat luar biasa, bahkan bisa melaju sampai 347 km/jam. Dengan begitu pastinya para team yang menangani Moto GP ini sangat mempersiapkan kondisi mesin nya secara total, agar bisa memenangkan pertandingan balap Moto GP.

Kondisi mesin Moto GP harus selalu dijaga dan dikembangkan, bahkan helm yang dipakai pun mempunyai teknologi yang canggih. Serta baju pengaman yang bisa melindungi para rider saat terjatuh. Semua itu membutuhkan teknologi agar semuanya bisa maksimal.

Teknologi MotoGP Terbaru


Sepeda motor Moto GP dibuat dengan bahan-bahan yang harganya sangat mahal, serta memiliki kualitas terbaik, seperti titanium dan serat karbon yang diperkuat. Di dalam nya juga dipasang alat yang berteknologi modern seperti telemetri, rem cakram karbon, control traksi dan teknologi modern lain nya yang di adopsi dari teknologi mesin mobil F1.

1. Mesin Moto GP


Sepeda motor Moto GP memang dibuat khusus untuk memenuhi standart yang dibuat penyelenggara. Bahkan motor yang memiliki kapasitas mesin 800 cc dengan putaran 17500 hingga 18000 ini tidak boleh ditunggangi di jalanan biasa. Karena akan sangat berbahaya bagi pengguna jalan lainnya.

Mesin Moto GP yang digunakan juga harus 4 tak atau empat langkah, dan silinder yang digunakan nya pun memiliki berat masing-masing. Seperti 2 silinder ke bawah memiliki berat minimal 133 kg. 3 silinder 140.5 kg. 4 silinder 148 kg. 5 silinder 155.5 kg dan 6 silinder dengan berat minimal 163 kg.

2. Rem Moto GP

Rem juga merupakan hal yang paling penting dalam Moto GP, karena dengan kecepatan yang mencapai 347 km/jam tersebut, maka para rider bisa memaksimalkan kecepatan nya dengan skill nya untuk bisa overtaking di tikungan balap.

Bahan cakram Moto GP biasanya terbuat dari serat karbon atau baja dan rem nya pun harus kuat, ringan dan tahan panas. Sehingga material yang digunakan haruslah material yang berkualitas. Untuk diameter yang sama, jika menggunakan rem yang cakram nya terbuat dari karbon, maka berat nya sekitar 750-800 gram. Sedangkan jika baja maka beratnya 1200 hingga 1600 gram.

Rem Moto GP dijatah 6 sampai 8 permusim nya yang di produksi oleh pabrikan brembo dan nissin. Rem tersebut juga di desain dengan sangat komplit, sehingga stabilitas saat digunakan di sirkuit balap juga akan maksimal saat melakukan pengereman.

3. Ban Moto GP


Ban yang digunakan oleh para rider juga harus yang mempunyai ketahanan saat dilakukan pengereman, ban yang berfungsi sebagai penahan beban ini memang sangat fital, jika sampai ada kerusakan pada ban, maka motor tidak akan bisa melaju dengan normal.

Ban Moto GP sendiri juga dibagi menjadi dua, yaitu ban untuk lintasan basah dan juga ban untuk lintasan licin. Dan untuk satu kali balapan, ban ini bisa digunakan untuk menempuh jarak 120 km. untuk lintasan kering, ban memiliki desain yang ulirnya halus, permukaan kontaknya maksimal sehingga daya cengkeram dari ban tersebut bisa bekerja secara maksimal.

Ban tersebut dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan berkualitas seperti pigmen-pigmen zat kimia, kurang lebih 30 jenis karet, benang-benang kawat dan lain-lain. kemudian zat-zat tersebut dicampurkan dengan oli proses, warna atau pigmen hitam, karbon, anti oksidan dan berbagai zat lain nya. Dan masing-masing dari bahan tersebut memiliki kemampuan nya masing-masing.

4. Helm MotoGP

Helm juga salah satu alat pengaman yang harus sangat save ketika di gunakan oleh rider, ktriteria helm yang digunakan para rider adalah helm tersebut harus ringan, tahan benturan, nyaman serta aerodinamis, sehingga pembalap akan tetap merasa nyaman dan bisa melaju dengan kencang.

Komponen yang menyusun bagian helm adalah pelindung luar, bagian dalam, kaca depan serta mekanisme penguat. Dan bahan penyusunnya juga terbuat dari glass karbon, campuran keylar dan polyurethane yang bisa menyerap energy ketika terjadi benturan. Kaca helm juga dirancang untuk bisa digunakan untuk melihat dengan jelas meski ada kabut ataupun turun hujan. System ventilasi helm juga di desain sedemikian rupa, sehingga helm tetap terasa kering dan nyaman ketika digunakan.

Baca juga berita teknologi yang lagi populer di bawah ini :

  1. 11 Teknologi Masa Depan Tercanggih
  2. 16 Teknologi Jepang Paling Canggih
  3. 20 Teknologi Yang Akan Hadir Di Masa Depan 
  4. Teknologi Terbaru Di Indonesia

Demikian informasi tentang teknologi Moto GP yang harus anda ketahui, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar