By Galih at 10.52 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Terbaru Di Indonesia  - Teknologi memang sedang menjadi buah bibir saat ini. Bagaimana tidak? Banyak berita tentang teknologi-teknologi baru yang dimuat di media masa baik media cetak maupun elektronik. Dewasa ini, sepertinya semua orang baik ilmuwan maupun orang awam yang mencintai dunia teknologi sedang gencar-gencarnya melakukan penelitian untuk menciptakan teknologi baru. Teknologi sudah menjalar bahkan di seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Negri kita tercinta ini memang sudah melek teknologi. Semua orang sepertinya merasa haus akan teknologi. Sebagai buktinya, orang-orang akan berlomba-lomba untuk mencoba atau membeli suatu produk yang memiliki teknologi yang lebih canggih dari sebelumnya. Teknologi yang sekarang ini sedang gencar-gencarnya diterapkan di Indonesia adalah teknologi internet 4G LTE.

Teknologi Indonesia Terbaru


Di era seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak tahu apa itu internet? Bahkan banyak orang yang tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Internet sudah menjadi konsumsi wajib bagi masyarakat Indonesia sekarang ini. Baik tua maupun muda, semuanya menggunakan aplikasi seperti Blackberry Messenger atau BBM, whats app dan aplikasi lainnya yang pastinya membutuhkan jaringan internet. Di tahun ini banyak perusahaan telekomunikasi Indonesia yang menyediakan layanan internet 4G LTE. Apa itu 4G LTE?
Teknologi Terbaru Di Indonesia Saat Ini
Internet 4G LTE
4G LTE memang jaringan internet yang mengusung Long Term Evolution. LTE sendiri adalah akses data untuk komunikasi nirkabel dengan menggunakan jaringan berbasis GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Sedangkan 4G sendiri adalah fourth-generation technology, disebut seperti itu karena 4G merupakan generasi keempat teknologi telpon seluler, dimana sebelumnya terdapat 3G dan 2G. Jadi bisa dibilang bahwa teknologi 4G merupakan hasil dari pengembangan teknologi 3G dan tentunya 4G memiliki kualitas jaringan internet yang lebih unggul dibandingkan yang terdahulu, terlebih lagi ditambah dengan LTE.

4G LTE di design untuk memberikan layanan internet dengan kecepatan 10x lebih cepat dibandingkan jaringan 3G dan dapat digunakan pada smartphone, tablet, netbook dan wireless hotspot. Teknologi 4G di design untuk memberikan layanan IP-based voice, data dan multimedia streaming dengan kecepatan mulai dari 100Mbit per detik sampai 1Gbit per detik.

Baca juga Teknologi terbaru asli buatan indonesia : 8 Teknologi Tercanggih buatan indonesia

Robotic surgery Indonesia

Sekarang ini beberapa rumah sakit di Indonesia telah menerapkan sistem robotic surgery yaitu robot yang digunakan untuk membantu dalam proses pembedahan. Kemajuan teknologi dalam dunia kesehatan membawa banyak manfaat yaitu banyaknya penyakit yang dapat disembuhkan, terutama penyakit yang harus disembuhkan melalui proses pembedahan.
Teknologi Terbaru Di Indonesia Saat Ini
Operasi terbuka sekarang ini mulai dikurangi dengan ditemukannya alat-alat seperti minimal invasive laparoscopic surgery yang dapat mengurangi resiko infeksi, kehilangan banyak darah, sistem penyembuhan yang lama pasca operasi dan lain-lain. Salah satu perkembangan dalam minimally invasive untuk mendapatkan banyak keuntungan dalam proses operasi yaitu dengan menggunakan teknologi robotic surgery.

Sekilas info, Indonesia memiliki kendaraan tempur yang canggih dan di buat sendiri. Untuk membaca beritanya klik disini : Panser Anoa Terbaru Buatan Pindad

Proses pembedahan tradisional atau tanpa menggunakan robotic surgery selalu dihubungkan dengan bekas luka yang besar, resiko operasi yang lebih tinggi dan waktu pemulihan yang lama. Paradigma tersebut secara perlahan telah berkurang dengan pengenalan dan kemajuan dari minimal invasive surgery (MIS) sehingga pasien hanya akan menderita luka sayatan kecil yang mana akan membantu proses penyembuhan dengan cepat. Contoh dari prosedur MIS seperti Laparoscopy, Arthroscopy, Endoscopy dan prosedur MIS lainnya.

Sayangnya salah satu kekurangan dari MIS yaitu seorang ahli bedah akan membutuhkan waktu lama untuk memiliki kemampuan yang tinggi dalam melaksanakan proses MIS, khususnya dalam masalah patologi atau ilmu penyakit yang terkadang sangat rumit. Selain itu medan atau area pembedahan tidak dapat diatur dengan sempurna dan sudut gerakan yang terbatas disebabkan oleh keterbatasan fungsi dari alat-alat yang pada umumnya hanya memiliki dua jenis gerakan saja. Keterbatasan tersebut sering mengakibatkan proses operasi kurang optimal.

Pembedahan dengan menggunakan sistem robot tidak dapat dilakukan tanpa keterlibatan ahli bedah. Robot tersebut tidak dapat bergerak dengan sendirinya dan harus dikendalikan penuh oleh ahli bedah. Dengan kontrol dan artikulasi dari tangan dan jari dokter, tangan robot dapat bergerak dengan bebas layaknya tangan dokter yang berada di dalam rongga bedah seperti rongga perut. Meskipun ada beberapa kekurangan dalam teknik MIS, namun di tangan ahli bedah yang menguasai teknik tersebut maka manfaat yang lebih baik bisa didapatkan sehingga mengurangi resiko operasi yang sering terjadi dalam teknik operasi tradisional.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar