By Galih at 07.34 , have 2 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara Cek IMEI HP - Bagaimana caranya untuk mengecek IMEI pada ponsel sobat? Perlu sobat ketahui bagaimana pentingnya IMEI pada ponsel kita, karena IMEI adalah nomor identitas dari semua produk ponsel yang sudah diproduksi dari seluruh dunia. Nomor imei pada disetiap ponsel pasti berbeda-beda, kalaupun ada yang sama bisa di pastikan kalau ponsel tersebut replika atau black market (BM) ataupun barang slundupan.

Peredaran barang atau produk ilegal sangat merugikan negara, dan jika kita ketahuan membeli barang ilegal pasti akan kena sanksinya. Dalam artikel ini berisi 3 cara mengecek IMEI semua tipe HP seperti :
  • Cara Cek IMEI dengan Manual
  • Cara Cek Imei dengan Kode
  • Cara Cek Kode Dengan internet

Cara Mengecek IMEI Pada HP


Dengan adanya penerapan IMEI sebagai standar untuk mengecek kelegalan atau keaslian dari sebuah produk Ponsel, maka pengecekan dapat di sosialisasikan pada masyarakat untuk memeriksa IMEI untuk dapat dilakukan secara dini. Untuk mengetahui nomor  IMEI tidak memerlukan cara yang panjang dan susah karena caranya sangat mudah.

Cara Cek IMEI dengan Kode

Saat sobat membeli sebuah Hand Phone baru ataupun setengah pakai, Sobat dapat  mengecek nomor IMEI dengan menekan kode *#06# dan tunggu sebentar. Setelah kode tersebut ditekan, maka akan muncul 15 digit nomor IMEI dari ponsel sobat.
Cara Cek IMEI Pada HP

Cara Cek IMEI dengan Manual

Setelah mengecek dengan kode *#06# kemudian cocokan 15 digit nomor  IMEI tersebut dengan nomor IMEI yang tertera di dosbook dan di bodi ponsel yang berada di bawah batrey. Dan untuk lebih meyakinkan lagi, Sobat disarankan untuk mengeceknya di internet dengan mengunjungi website www.numbering plans.com atau imei.info.

Cara Cek IMEI dengan Internet

Di website numbering plans ini, silahkan sobat memilih menu Number analysis tools pada sisi kiri. Setelah masuk ke menu tersebut kemudian pilih dan klik  Analysis of IMEI numbers, kemudian masukkan 15 nomor IMEI ponsel sobat pada kolomnya setelah itu klik tombol analyze. Untuk Website imei.info caranya lebih mudah lagi tinggal masukkan nomor imei saja lalu klik check seperti gambar di bawah ini, Setelah itu sobat akan melihat  informasi tentang ponsel Sobat.

Perhatikan data tersebut kemudian bandingkan dengan ponsel Sobat, sama atau beda. Jika ditemukan kesamaan maka ponsel Sobat sudah terjamin keasliannya atau Legal. Dengan mengetahui cara cek IMEI ini juga bisa berguna disaat ponsel Sobat hilang, karena  Sobat bisa meminta provider jaringan untuk mmemblokir nomor IMEI-nya dan sudah dapat dipastikan bahwa ponsel Sobat yang hilang tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau mati.

Bagaimana menurut sobat tentang alamat IMEI? Kalau menurut saya alamat IMEI itu sangat penting untuk diketahui karena bisa berguna saat ponsel kita hilang. Baca juga cara mengecek keaslian HP, sobat wajib mengetahui cara cek keaslian HP agar tidak tertipu dengan barang replika saat membeli HP.

Baca juga berita teknologi terbaru di bawah ini :

  1. Teknologi Informasi Terbaru
  2. 5 Teknologi Android Terbaru 2016
  3. Teknologi Layar Amoled

Terimakasih telah membaca artikel di atas, jangan lupa klik share untuk berbagi ke temanmu.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

2 komentar: