By Galih at 12.07 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Wireless - Sering kita mendengar dan melihat kata “wireless” di beberapa tempat terutama di toko-toko elektronik. Sekarang ini banyak alat-alat elektronik yang mengusung teknologi wireless. Teknologi wireless atau nirkabel adalah teknologi yang memiliki kontribusi terbesar dalam kehidupan manusia.

Komunikasi nirkabel melibatkan transmisi informasi melewati jarak tanpa bantuan dari kawat, kabel maupun konduktor listrik lainnya. Jarak penyebarannya juga dapat menjangkau kemana saja dalam beberapa meter (contohnya remote control televisi) dan ribuan kilometer (contohnya radio communication). Beberapa perangkat yang biasanya menggunakan komunikasi nirkabel adalah telepon nirkabel, ponsel, GPS, bagian-bagian komputer nirkabel dan televisi satelit.

Teknologi Wireless Terbaik

Teknologi Wireless Masa Depan Terbaik

Keuntungan menggunakan teknologi wireless

  1. Sistem komunikasi telah menjadi lebih baik sehingga dapat menyampaikan informasi lebih cepat kepada konsumen.
  2. Para pekerja profesional dapat bekerja dan mengakses internet dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa-bawa kabel kemanapun mereka pergi. Hal tersebut membantu mereka untuk dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sehingga meningkatkan produktivitas kerja.
  3. Dokter, para pekerja dan lainnya dapat yang berada dalam wilayah terpencil dapat menghubungi pusat layanan kesehatan melalui alat komunikasi nirkabel.
  4. Situasi genting dapat diatasi dengan adanya teknologi komunikasi nirkabel. Wilayah yang terkena dampak dapat dibantu dan didukung dengan layanan siap siaga melalui bantuan teknologi komunikasi nirkabel.
  5. Jaringan nirkabel lebih murah untuk diinstal dan dirawat.

Kekurangan teknologi nirkabel

Perkembangan jaringan wireless memang memungkinkan kita untuk menggunakan perangkat pribadi kapanpun dan dimanapun. Teknologi wireless memang telah membantu manusia pada semua segi kehidupan mereka, namun teknologi wireless juga menimbulkan banyak ancaman juga. Sebagai contoh teknologi wireless mengancam keamanan banyak hal dalam kehidupan manusia. Sangatlah mudah bagi para hacker untuk mengambil sinyal wireless yang tersebar di udara. Sangatlah penting untuk menjaga jaringan wireless sehingga informasi yang kita miliki tidak dieksploitasi oleh pengguna yang tidak diijinkan.

Protokol keamanan yang kuat harus diciptakan untuk mengamankan sinyal wireless seperti WPA dan WPA2. Cara lain untuk mengamankan jaringan wireless adalah dengan memasang sistem pencegah gangguan. Ada beberapa tipe teknologi komunikasi wireless antara lain:

Infrared (IR) wireless communication

Teknologi komunikasi IR wireless menyampaikan data atau informasi pada perangkat atau sistem melalui radiasi inframerah. Inframerah adalah energi elektromagnetik yang panjang gelombangnya lebih dari lampu merah. IR wireless digunakan untuk komunikasi jarak pendek sampai menengah dan security control.

Sistem kerja komunikasi IR biasanya dioperasikan dalam mode line-of-sight yang berarti tidak ada penghalang antara pemancar (sumber) dan penerima (tujuan). Inframerah biasanya digunakan dalam remote control televise dan sistem keamanan.

Wireless WAN (wireless wide area network)


Teknologi Wireless Masa Depan Terbaik
Wireless WAN adalah wide area network yang wilayah cakupan-nya menyebar luas atau seluler yang terkoneksi secara nirkabel untuk menyediakan layanan pada area geografis yang luas. Layanan WWAN khususnya ditujukan untuk smart phone dan perangkat genggam lainnya yang dijual oleh provider layanan seluler dan mitra ritel mereka, namun perangkat mobile lainnya juga dapat menggunakannya. Selain itu, beberapa netbook tersedia dengan kartu WWAN yang sudah terinstal di dalamnya, tapi jika netbook kita belum terpasang kartu WWAN, kita dapat membelinya dan menginstalnya sendiri.

Tidak seperti kartu wi-fi yang hanya dapat digunakan pada area hotspot saja, perangkat WWAN harus ditentukan secara spesifik untuk mengakses jaringan layanan yang diberikan oleh provider. Perusahaan provide akan mengurus tagihan akses roaming yang melibatkan jaringan provider lain.

Radio frequency

Radio frequency (RF) adalah frekuensi gelombang elektromagnetik yang membentang luas sekitar 3 kHz sampai 300 GHz, termasuk frekuensi yang digunakan untuk komunikasi atau sinyal radar. RF biasanya mengacu pada elektrik daripada osilasi mekanik. Untuk menerima sinyal radio maka kita harus menggunakan antena juga.

Namun ketika antena dapat mengambil ribuan sinyal radio, maka selanjutnya kita membutuhkan radio tuner untuk menyalakan atau menemukan frekuensi tertentu. Hal tersebut biasanya dilakukan melalui resonator yaitu sebuah sirkuit atau papan penghantar listrik yang terdiri dari sebuah kapasitor dan induktor yang membentuk turned circuit. Resonator memperkuat osilasi di dalam frekuensi band tertentu, namun resonator juga mengurangi osilasi pada frekuensi di luar band.

Baca juga perkembangan teknologi masa depan yang akan mengubah dinia di bawah ini :

Teknologi 4G LTE
Teknologi Mobil Masa Depan

Teknologi Ramah Lingkungan Terbaru

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat, terimakasih telah berkunjung.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar