By Galih at 15.19 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Ramah Lingkungan - Kita tentunya tidak asing dengan istilah global warming atau pemanasan global. Global warming sendiri adalah peningkatan suhu bumi di atas rata-rata sehingga suhu permukaan bumi menjadi lebih panas dibandingkan biasanya.

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan global warming, diantaranya seperti banyaknya gedung atau bangunan yang memiliki dasar arsitektur berbasis kaca, pemborosan listrik, emisi bahan bakar seperti bensin, hutan gundul dan lain-lain. Bahkan mayoritas produk teknologi ikut menyumbang dampak dari global warming. Meningkatnya suhu permukaan bumi akibat dari produk teknologi mengilhami banyak orang khususnya para ilmuwan untuk menemukan teknologi yang ramah lingkungan. Ada beberapa teknologi yang cukup ramah lingkungan antara lain :

Teknologi Ramah Lingkungan Terbaru



Pembangkit listrik tenaga surya


Tenaga surya atau yang sering disebut solar power adalah sumber tenaga yang dihasilkan dari proses perubahan sinar matahari menjadi listrik, baik dalam proses secara langsung menggunakan photovoltaic (PV) ataupun secara tidak langsung menggunakan tenaga surya yang dikumpulkan. Sistem tenaga surya yang dikumpulkan menggunakan lensa atau kaca dan menarik sistem untuk fokus pada area sinar matahari yang lebih besar dan menjadikannya sorotan kecil.
Photovoltaic mengubah cahaya menjadi aliran listrik menggunakan efek photovoltaic. Badan energi internasional telah merencanakan sesuatu sejak tahun 2014 bahwa akan ada pembaharuan energy besar-besaran di tahun 2050, solar photovoltaic dan tenaga surya yang dikumpulkan akan menyumbang masing-masing 16 dan 11 persen konsumsi listrik di seluruh dunia dan tenaga matahari akan menjadi sumber listrik terbesar di dunia. Kebanyakan instalasi tenaga surya akan diproduksi di Cina dan India.

Manfaat listrik dari tenaga surya


1. Mengurangi tagihan listrik kita. Sinar matahari memang gratis, jadi kita hanya membayar pemasangan untuk instalasinya saja sehingga tagihan listrik kita akan berkurang bahkan kita tidak perlu lagi membayarnya.
2. Mendapatkan bayaran untuk listrik yang kita hasilkan sendiri. Anggaran pemerintah UK juga dibuat untuk rencana pembayaran listrik yang dihasilkan rakyatnya, bahkan meskipun mereka ikut menggunakannya.Jadi mereka bukannya membayar tarif listrik tapi mereka malah dibayar untuk itu.
3. Menjual listrik pada jaringan listrik. Jika sistem pembangkit listrik tenaga surya yang kita miliki memproduksi listrik melebihi yang kita butuhkan kita dapat menjualnya kembali pada perusahaan listrik negara, tentunya setelah ada kerja sama sebelumnya.
4. Menghilangkan bekas karbon. Listrik tenaga surya adalah energi ramah lingkungan yang dapat diperbaharui dan tidak mengeluarkan gas karbondioksida berbahaya atau polusi lainnya.

Kompor tenaga surya


Kompor tenaga surya adalah perangkat yang menggunakan energi yang berasal dari sinar matahari langsung untuk memanaskan dan memasak makanan ataupun minuman. Kebanyakan kompor tenaga surya yang digunakan sekarang ini harganya relatif murah dan merupakan perangkat yang berteknologi rendah meskipun kinerjanya sangat bagus dibandingkan kompor tradisional. Kompor tenaga surya yang berukuran besar bahkan dapat memasak untuk ratusan orang. Karena kompor tenaga surya tidak menggunakan bahan bakar dan tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikannya, banyak organisasi non profit mempromosikannya ke seluruh dunia dengan tujuan untuk membantu mengurangi beban bahan bakar yang dikeluarkan (khususnya ketika perekonomian sedang menurun) dan juga polusi udara. Kompor tenaga surya juga dapat mengurangi penggundulan hutan akibat pengumpulan kayu bakar untuk memasak. Memasak dengan menggunakan kompor tenaga surya ini biasanya dilakukan di luar ruangan dan yang sering digunakan dalam situasi dimana penghematan bahan bakar menjadi hal yang sangat penting dan resiko terjadinya kebakaran begitu tinggi.

Prinsip kerja kompor tenaga surya

1. Mengumpulkan sinar matahari. Permukaan cermin yang memiliki daya pantul tinggi digunakan untuk mengumpulkan sinar matahari dari matahari ke atas area pemasakan yang kecil. Tergantung pada geometri permukaan cermin, sinar matahari dapat dikumpulkan dengan beberapa tahap tingkatan temperatur tinggi yang dihasilkan agar dapat melelehkan garam dan meleburkan logam.
2. Perubahan energi cahaya menjadi energi panas. Kompor tenaga surya mengumpulkan sinar matahari di atas wadah penerima cahaya yang berbentuk seperti wajan. Interaksi antara energi cahaya dengan material penerima cahaya mengubah cahaya menjadi panas. Perubahan tersebut dimaksimalkan dengan menggunakan material yang dapat menyalurkan dan menahan panas. Panci dan wajan yang digunakan pada kompor tenaga surya haruslah berwarna hitam pekat untuk memaksimalkan penyerapan panas.

Beberapa macam teknologi ramah lingkungan


a. biofel : tiap-tiap bahan bakar padatan, cairan, ataupun gas yang dihasilkan oleh bahan bahan organik.
b. bahan bakar nabati (biofel) terdiri atas 3 product yakni : Biodesel, Bioalkohol serta minyak nabati asli (pure plant oil)
c. biogas yaitu gas yang gampang terbakar yang dihasilkan dari sistem fermentasi bahan bahan organik oleh bakteri aenorob (bakteri yang bisa hidup dalam lingkungan yang kedap hawa).

Baca juga berita teknologi terpopuler di bawah ini :

13 Aplikasi Android Terbaru 2016 Paling Unik
10 Teknologi Jerman Yang Mendunia
Teknologi Beton Dengan Bahan Ramah Lingkungan

Demikian info tentang teknologi ramah lingkungan yang dapat saya sampaikan, semoda dapat bermanfaat.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar