By Galih at 11.08 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Mobil Masa Depan - Membandingkan industri otomotif dengan industri komputer seperti membandingkan dua generasi teknologi yang berbeda. Di masa kini, kita telah memiliki smartphone yang super cepat dan iPods streaming rhapsody di kantong kita, sedangkan hanya perangkat GPS yang ada di dashboard mobil kita.

Perusahaan mobil sadar bahwa mereka sedikit tertinggal dan di tahun 2020 mereka berjanji akan membuat dashboard dan sistem keamanan yang lebih canggih seperti iPads, bahkan lebih canggih dari itu. Teknologi-teknologi canggih yang akan mereka terapkan pada mobil di masa depan antara lain :

Teknologi Masa Depan Pada Mobil


Teknologi Mobil Masa Depan Yang Sudah Dibuat

Wifi
Nyata dan sangat penting jika teknologi wifi dalam mobil ini akan sangat tidak berguna jika mobil tersebut bukanlah sebuah rolling hotspot. Beberapa perusahaan mobil telah membuat proyek untuk mengembangkan wifi di dalam mobil. Untuk teknologi tersebut Ford telah terlebih dahulu memperkenalkan mobil keluaran terbarunya dengan sync system dan Toyota juga sedang bekerjasama dengan intel untuk mengembangkan teknologi tersebut. Kabar baiknya sistem juga akan memungkinkan kita untuk menghubungkannya dengan jaringan internet di rumah. Bahkan kita juga dapat mentransfer informasi dari komputer atau laptop kita di rumah secara langsung ke mobil.
Teknologi Mobil Masa Depan Yang Sudah Dibuat

Pengenalan suara 
Ini adalah kemajuan teknologi yang sangat penting dalam industri mobil. Jika menulis sms meningkatkan angka kecelakaan, apa yang akan terjadi ketika pengemudi dapat membuka twitter, mengupdate status Facebook dan menonton video di Youtube? Pengenalan suara masih terus dikembangkan untuk menjadikan sistem tersebut bukan lagi sebuah hal baru atau sistem pelengkap namun menjadi sebuah kebutuhan yang cukup penting dalam industri mobil, bahkan di dunia smartphone juga sedang digalakan sistem pengenalan suara.
Teknologi Mobil Masa Depan Yang Sudah Dibuat

Namun sistem pengenalan suara merupakan sebuah teknologi yang cukup rumit bahkan bagi pakar teknologi sekalipun. Namun bisa dikatakan bahwa sistem pengenalan suara adalah sebuah kebutuhan yang sangat mendesak untuk diterapkan di industri mobil dibandingkan industri lainnya. Departemen transportasi Amerika Serikat juga sedang menerapkan voice input control untuk smartphone, mp3 players, tablets dan perangkat lainnya yang dapat digunakan di dalam mobil. Sayangnya, teknologi tersebut cukup mahal bagi perusahaan pembuat mobil.
Digital dashboard
Ketika kita dalam perjalanan dan mengemudi sendiri, lalu kita merasa lelah dan ingin berisitirahat, maka kita harus segera menemukan hotel. Untuk mendapatkan hotel terdekat biasanya kita menggunakan telpon seluler dan mulai mencarinya dengan aplikasi yang memudahkan kita untuk mencari sesuatu yang terdekat dengan lokasi kita berada dan mendapatkan petunjuk untuk menjangkaunya, atau bias juga kita menggunakan perangkat GPS. Namun di tahun 2020, dashboard mobil akan menyerupai iPad besar. Kabar baiknya adalah sistem mobil kita dapat dihubungkan dengan layanan yang biasa digunakan pada smartphone dan tablet. Layanan tersebut memungkinkan kita untuk menulis sms, menerima telepon, mengirim email, mengupdate status di jejaring sosial dan menggunakan aplikasi lainnya di belakang kemudi.
Teknologi Mobil Masa Depan Yang Sudah Dibuat

Sebagai contoh ketika kita ingin check-in hotel, kita bisa mencari dan memesan kamar tipe apa yang kita inginkan hanya dengan mengatakan nama hotel pada aplikasi tersebut atau sering disebut vocal command dan aplikasi itu yang akan mencari melalui peta dan membrowsing tarif dan tipe-tipe kamarnya, bahkan kita juga dapat melihat foto-foto hotel tersebut maupun videonya. Toyota menyebutnya dengan sebutan HMI (Human-Machine Interface), sebuah sistem yang telah mereka kerjakan bersama Intel dan Microsoft. Dashboard digital tersebut mengubah modem USB mobile broadband menjadi wireless router atau wireless internet, seperti sync system pada mobil Ford. Bisa juga sistem tersebut dihubungkan dengan perangkat Bluetooth seperti yang terdapat di mobil KIA, sehingga menggunakan telpon dan mencari musik semuanya menggunakan kontrol suara.

Monitor kesehatan
Perusahaan Ford telah mengumumkan bahwa kedepannya akan mengeluarkan mobil dengan tempat duduk yang dilengkapi sensor yang dapat memonitor detak jantung menggunakan impuls listrik. Mitsubishi Electric mempunyai rencana untuk menerapkan sistem tersebut kedepannya. Sistem monitoring tersebut memang tepat diterapkan pada tempat duduk karena dapat disesuaikan pada semua orang.
Teknologi Mobil Masa Depan Yang Sudah Dibuat

Sistem tersebut dapat digunakan melalui personal ID, pengukuran temperatur wajah, atau pengukuran detak jantung menggunakan sensor Doppler. Dengan cara tersebut sistem dapat merasakan kondisi kesehatan seseorang. Tujuan sistem tersebut adalah untuk mengatur posisi jok mobil dan sistem kemudi agar nyaman bagi pengemudi. Selain itu sistem tersebut juga dapat mengingatkan ketika pengemudi merasa kelelahan agar segera beristirahat.

Baca juga berita tentang teknologi masa depan dibawah ini :

Demikian informasi tentang teknologi mobil masa depan yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar