By Galih at 12.57 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Robot Terbaru - Dewasa ini teknologi mulai menunjukkan taringnya dan penemuan yang cukup menghebohkan dunia adalah penemuan teknologi robot. Yaah robot yang mana kecanggihan serta kemampuannya mampu membuat hati kita berdecak kagum. Para ilmuwan sedang giat-giatnya untuk menciptakan robot-robot yang dapat membantu pekerjaan manusia.

Dengan banyaknya uji coba robot di masa sekarang ini, maka dapat diprediksikan bahwa akan banyak tenaga manusia yang tergantikan oleh robot. Bahkan kinerja robot-robot tersebut dapat mengalahkan kemampuan manusia karena robot tidak membutuhkan makanan dan istirahat, maka akan banyak pekerjaan yang akan diambil alih oleh robot. Bisa kita bayangkan di masa depan apa yang akan terjadi dengan generasi manusia.

Teknologi Robot Terbaru Dan Canggih


Di satu sisi hal tersebut menguntungkan karena akan banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan cepat, namun hal itu juga akan membawa dampak buruk bagi manusia. Kita lihat saja apa yang akan terjadi di masa depan, untuk sekarang mari kita lihat apa saja sih yang telah dihasilkan oleh para ilmuwan yang sedang mengembangkan teknologi robot.

1. Robobees dengan mata laser yang dapat menemukan korban dari bencana
Mata mekanik yang menyorotkan sinar laser dapat membantu robot lebah terbang tanpa menabrak sesuatu, ungkap para ilmuwan. Mata laser tersebut juga dapat membantu orang-orang untuk mengkontrol smartphone, tablet, laptop, wearable technology dan perangkat mobile lainnya yang hanya menggunakan gesture. Sekarang ini para ilmuwan sedang mengembangkan sebuah teknologi yang terinspirasi secara biologi yaitu robot terbang yang berukuran seperti lebah dan disebut RoboBees. Nantinya perangkat tersebut dapat digunakan dari mulai untuk membantu proses penyerbukan tanaman sampai menemukan korban bencana. 
Teknologi Robot Terbaru Dan Canggih
Para ilmuwan terdahulu telah menemukan bahwa robot lebah tersebut dapat terbang ketika tertambat pada suatu benda dan bergerak ketika terendam di air. Bagaimanapun canggihnya, mesin tersebut memiliki kekurangan yaitu tidak dapat memperkirakan jarak. Ini adalah masalah utamanya karena hal itu berarti robot tersebut akan memiliki kesulitan untuk menentukan waktu yang tepat untuk terbang menuju dinding atau mendarat pada bunga.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, para peneliti sekarang ingin melengkapi robot lebah tersebut dengan versi laser yang berbasis radar. Teknologi ini dikenal dengan sebutan lidar yang merupakan kepanjangan dari light detection and ranging yang dapat memancarkan dorongan laser dibandingkan gelombang radio yang digunakan dalam radar. Sensor mengukur berapa lama laser tersebut memantulkan cahaya yang ditempuh yang mana hal tersebut memudahkan untuk menghitung jarak, ukuran dan bentuk objek. Selain itu, sinar tersebut tidak seperti laser dan tentunya aman bagi mata.

2. Tukang sampah robot
Robot yang memiliki roda dan sangat efisien akan segera hadir untuk mengangkut sampah di lingkungan sekitar kita. Pabrik otomotif Swedia, Volvo bersama dengan universitas-universitas di Swedia dan Amerika sedang mengembangkan robot yang sangat berguna ini yang pastinya dapat mengelilingi lingkungan sekitar kita untuk mengambil sampah dan membuangnya kembali ke belakang truk sampah. 
Teknologi Robot Terbaru Dan Canggih

Proyek robot itu disebut Robot-based Autonomous Refuse atau ROAR, proyek tersebut membuat beberapa petugas kebersihan merasa khawatir akan kehilangan pekerjaannya (mereka adalah orang-orang yang berada di belakang truk yang bertugas mengosongkan tempat sampah secara manual). Namun robot tersebut menjadi sebuah keuntungan bagi para pengemudi truk sampah yang hanya perlu memegang kendali dan robotlah yang akan mengerjakan sisanya. Pengemudi akan mengontrol program dengan sistem operasi yang disediakan.

3. Row-bot yang dapat membersihkan air kotor dan dapat mengisi dayanya sendiri dengan memakan mikroba
Terinspirasi oleh tukang perahu yang membersihkan gulma air, sebuah tim dari universitas Bristol telah menciptakan Row-bot yaitu sebuah prototype robot yang dirancang untuk dapat menyepak sendiri melewati atas air dalam kolam atau danau yang kotor dan memakan mikroba yang diraupnya. Kemudian mikroba tersebut dihancurkan dan disalurkan ke bawah ke perut buatan untuk menciptakan energi yang dapat memberikannya tenaga. 
Teknologi Robot Terbaru Dan Canggih

Cara tersebut dinilai cukup menghasilkan tenaga untuk terus-menerus mendorong dirinya sendiri untuk mencari lebih banyak bakteri sebagai makanannya. Row-not memiliki dua elemen utama yaitu mekanisme daya gerak untuk menggerakkan robot dengan menggunakan dayung yang dioperasikan oleh daya listrik yang sangat kecil sebesar 0,75 Watt dan bagian perutnya dimana sel bahan bakar mikroba menyuplai aliran listrik untuk memberikan daya pada dayung penggerak.

4. Robot Rumah
Teknologi Robot Terbaru Dan Canggih
Sobat pasti pernah dengar istilah rumahmu adalah surgamu, istilah itu memang benar. Di Inggris ada sebuah rumah yang memiliki teknologi super canggih, Rumah ini dapat bergerak dan berpindah tempat sesuai yang di inginkan pemiliknya. Sebuah rumah yang dibuat dengan 6 buah kaki ini memperoleh daya dari panel surya atau memanfaatkan tenaga surya, rumah ini memiliki fasilitas dapur, toilet, sistem drainase hujan, seperti rumah pada umumnya.

Baca berita menarik seputar teknologi di bawah ini :
  1. 8 Teknologi Tercanggih buatan indonesia
  2. Teknologi Militer Tercanggih Indonesia 
  3. Teknologi Masa Depan 2020 Yang Mulai Di Buat
IItulah beberapa informasi tentang teknologi robot dan teknologi lainnya, semoga bermanfaat .
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar