By Galih at 12.16 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Setiap negara tentunya memiliki pertahanan nasionalnya masing-masing. Apa itu pertahanan nasional? Pertahanan nasional adalah usaha untuk tetap mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah suatu negara dan keselamatan seluruh rakyat dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang baik dari dalam maupun luar negeri.

Indonesia juga memiliki pertahanan nasionalnya sendiri, seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia berbatasan langsung dengan banyak negara seperti Malaysia dan Singapura, oleh karena itu sangatlah penting bagi negara kita untuk terus memperkuat pertahanan negara. Salah satunya dengan cara memiliki pasukan militer yang selalu siap kapan saja jika terjadi ancaman yang menggoyahkan pertahanan negara. Banyak juga teknologi buatan Indonesia yang di segani Negara lain, contohnya seperti pada halaman berikut : Teknologi buatan indonesia

Teknologi Militer Indonesia


Namun tidak hanya pasukan militer saja yang diperkuat, tapi juga peralatan militer berteknologi canggih juga telah disiapkan untuk membantu mengamankan negara. Meskipun teknologi militer negara kita belum secanggih negara-negara maju seperti Amerika, namun kita patut berbangga diri karena Indonesia telah memiliki berbagai teknologi militer yang mumpuni.

Kapal selam Indonesia
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri lebih dari 17.000 pulau dan memiliki wilayah perairan yang sangat luas yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya sehingga menjadi satu kesatuan. Hal itu membuat Indonesia menjadi negara maritime yang paling berpengaruh di dunia. Pertahanan nasional yang kuat dapat dicapai dengan memperkuat kemampuan angkatan lautnya, hal tersebut dilakukan karena sangatlah penting untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia dan memastikan stabilitas teritorial laut Indonesia. Institusi militer bertanggungjawab untuk mempertahankan negara.
Angkatan laut Indonesia membutuhkan sumber daya manusia dan sistem senjata untuk membantu tugas-tugas kemiliteran dan untuk menyelesaikan misi. Angkatan laut manusia memiliki lebih dari 140 kapal perang yang terdiri dari banyak tipe dan kelas yang dibedakan menjadi dua armada kapal dan satu military sealift command. Armada timur dan barat disusun oleh beberapa pasukan, termasuk satu pasukan kapal selam di armada timur. Salah satu contoh dari kapal selam yang dimiliki Indonesia yaitu Parchim class corvette.
Teknologi Militer Indonesia

Parchim class corvette
Parchim class corvette dikembangkan untuk angkatan laut Jerman Timur di Akhir tahun 1970an dan dibangun oleh Wolgast Peene Werft. Kapal ini didesign sebagai kapal selam anti perang di pesisir pantai. Kapal pertama yang diberi nama Wismar (sekarang bernama Indonesian Susanto) yang diluncurkan pada tanggal 9 april 1981 di Rostock dan setelah itu 15 kapal dibuat sampai tahun 1986.  Selain kapal selam, Indonesia juga memiliki teknologi militer lainnya yaitu pesawat udara yang bertugas memantau ke segala penjuru negri untuk mengantisipasi terjadinya ancaman yang datang dari mana saja.

Panser Anoa
Panser Anoa ini merupakan kendaraan tempur yang di produksi oleh PT Pindad (persero) di Bandung. Teknologi yang dimiliki Panser Anoa ini  sangatlah canggih. Untuk melihat spesifikasi dari Panser Anoa baca disini : Panser Anoa Terbaru Buatan Pindad
Teknologi Militer Indonesia


Pertahanan udara
Untuk pertahanan udara, pesawat dilengkapi dengan satu double-barrel tembakan AK-230 30 mm dan satu double-barrel AK-725 57 mm. AK-725 57 mm didesign ditahun 1959 yang diatur oleh ESP-72 fire control system yang menerima informasi jarak dan titik target dari radar MR 103. MR 103 memiliki piringan radar parabola seluas 1,30 m yang dilengkapi sistem kamera optik yang berfungsi sebagai sistem backup apabila terjadi kegagalan atau terdapat medan yang sangat sulit.
Teknologi Militer Indonesia

Kapal selam anti perang
Indonesia juga memiliki kapal selam lainnya yaitu HAI III. Evolusi yang cukup besar terjadi pada design HAI III yang memuat sistem hydro-acoustic baru. Rangkaian sonarnya terdiri dari busur sonar dan sonar penyelaman dengan tingkat kedalaman yang bervariasi. Layar sonarnya sangat panoramic dalam artian bahwa hal tersebut dapat memberikan lingkup radar dengan dua dimensi, seperti pemandangan di sekitar perairan. Ini adalah perbaikan besar dari sistem auditif yang lama dalam kelas HAI III. Kekurangan lainnya dari HAI III adalah ketidakmampuan untuk melihat melalui lapisan air dengan suhu yang berbeda.
Teknologi Militer Indonesia

Dalam arti ketika suara menyebar dengan cukup baik dalam temperatur yang sama, maka hal tersebut akan menjadi terganggu ketika berada dalam air yang temperatur bahkan perbedaannya tidak begitu besar atau banyak dari temperatur air sebelumnya, hal tersebut terjadi khususnya pada bulan-bulan di musim panas. Namun dengan adanya perbaikan auditif pada HAI III memberikan keuntungan tersendiri untuk kapal selam karena dapat bersembunyi dari jangkauan kapal besar.

Bukan hanya di bidang teknologi militer yang hasilnya cukup bagus.  Indonesia juga mempunyai teknologi pertanian yang sudah dibilang maju di banding tahun sebelumnya. Untuk membaca berita tentang teknologi pertanian Indonesia baca disini : Teknologi Pertanian Di Indonesia

Demikian berita tentang Teknologi Militer Indonesia yang bisa saya share. Semoga artikelnya bermanfaat untuk sobat, terima kasih.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar