By Galih at 22.10 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Otomotif Terbaru - Bagi para pecinta otomotif tentunya selalu mencari informasi terbaru mengenai dunia otomotif, tidak terkecuali dengan informasi tentang teknologi terbaru otomotif. Dunia otomotif juga tidak sepi dengan pemberitaan. Bahkan dunia otomotif sekarang ini telah berkembang dan mengalami banyak perubahan.

Teknologi Otomotif Terbaru


Para pakar dan pengusaha berlomba-lomba untuk selalu memperbarui usaha otomotif yang digelutinya. Para ahli teknik otomotif juga tidak pernah merasa bosan untuk selalu menemukan teknologi-teknologi canggih untuk diterapkan pada produk otomotif. Contohnya saja sebagai berikut :

Pelindung matahari elektronik


Teknologi Otomotif Terbaru 2016
Pelindung matahari tidak cukup melindung kita dari sengatan matahari ketika kita bepergian dengan mengendarai mobil ke arah timur di pagi hari dan ke arah barat di sore hari. Meskipun kita telah menempelkan kertas buram di bawah alat pelindung sinar matahari dalam mobil untuk menghalangi sengatan matahari. Sebuah proyek penelitian dari perusahaan di Volkswagen sedang mengembangkan sebuah sistem anti cahaya menyilaukan elektronik menggunakan electronic matrix di dalam kaca yang dikontrol oleh komputer untuk menghalangi sinar. Sebuah sensor status matahari dan sebuah sensor yang menentukan posisi mata pengemudi agar kedua bola matanya memberikan sinyal ke komputer yang menghitung banyaknya titik sinar matahari yang masuk ke dalam sudut pandang mata pengemudi.

Kemudian komputer menciptakan titik hitam dalam glass electronic matrix untuk menghalangi masuknya sinar matahari pada titik lokasi tersebut (sama dengan system kerja penggelapan otomatis pada kaca spion). Titik tersebut bergerak melewati kaca depan mobil seperti gerakan mobil yang mengubah arah jalannya. Namun, sekarang ini teknologi tersebut tidak memungkinkan untuk diterapkan pada semua kaca. Namun kehadiran pelindung matahari elektronik yang baru membawa kemajuan yang besar bagi pelindung matahari yang lama, jika sistem tersebut dijalankan.

Kemacetan lalu lintas
Jalan tol yang biasa kita lalui setiap hari tiba-tiba menjadi macet dan kita diharuskan merapat menjadi satu jalur karena telah terjadi kecelakaan. Peristiwa tersebut tentunya membuat kita frustasi bukan? Mobil yang berada dalam jalur macet dimana sedang terjadi kecelakaan diharuskan pindah ke jalur lain. Sehingga mobil-mobil tersebut pastinya menyebabkan jalur lainnya dalam kondisi lalu lintas yang melambat atau tidak lancer. Namun apakah jalur lain tersebut sudah pasti melambat? Pemerintah Jerman sedang mensponsori sebuah usaha industry otomotif yang disebut “ACTIV” yang dimaksudkan untuk mendorong penggunaan teknologi untuk pengaturan lalu lintas dan nantinya akan memberikan petunjuk otomatis.

Sebagai salah satu bentuk kontribusinya, para ahli mesin Volkswagen membuat sebuah kajian yang menunjukkan bagaimana terbebas dari kemacetan lalu lintas dengan memiliki mobil dengan kecepatan yang sesuai dengan ketepatan waktu agar terbebas dari macet. Pada dasarnya para pengemudi sangat mendambakan dapat terbebas dari kemacetan, mereka menginginkan dapat memacu kendaraannya dengan cepat dan membiarkan pengemudi lain masuk.

Lalu bagaiman akan alat tersebut bekerja? Dari pada harus membiarkan mobil-mobil mengurangi kecepatan dalam arus lalu lintas, sebuah mobil yang berada dalam jalur yang mendekati ke arah jalur yang ditutup karena suatu alasan akan diinstruksikan untuk mempercepat laju kendaraannya sebelum mencapai kemacetan.

Sistem tersebut akan menciptakan ruang di belakangnya sehingga mobil yang terjebak kemacetan dapat segera menepi ke jalur yang lancar tersebut tanpa harus menunggu lama. Sistem manajemen lalu lintas tersebut menggunakan kamera dan komputer untuk merekam dan menganalisa jalan raya dan sistem tersebut juga akan memberikan intruksi kapan harus berhenti dan jalan. Jadi bisa diartikan bahwa sistem tersebut adalah sistem manajemen waktu bagi mobil untuk mendapatkan akses jalan yang lancar.

Bahan bakar bersih
VW dan industri otomotif Jerman terlihat sedang bekerja keras untuk menerapkan bahan bakar sintetis yang dibuat dengan proses merubah bahan padat menjadi cair atau gas menjadi cair. Metode-metode tersebut merupakan bentuk perbaikan dari sintesis Fischer-Tropsch yang ditemukan di tahun 1920an. Fischer-Tropsch menggunakan bahan katalis (biasanya besi atau kobalt) untuk mengubah benda padat seperti batu bara dan limbah pertanian atau juga gas alam menjadi bahan bakar cair. Selain itu para ilmuwan juga sedang mengembangkan etanol yang dihasilkan dari selulosa (jerami, kayu dan berbagai macam bahan limbah) daripada menggunakan jagung atau buah bit yang tentunya akan berpengaruh terhadap supply makanan.

Bahan bakar biomas sering disebut SunFuel karena berasal dari sumber yang dapat diperbaharui yang mana dibuat dalam proses dasar yang sama seperti bahan bakar sintetik lainnya. Bahan bakar sintetik dapat didesign untuk karakteristik pembakaran yang tepat yang dibutuhkan untuk teknologi mesin canggih. Bahan bakar bersih yang terbuat dari bahan-bahan yang alami serta tidak menghasilkan emisi gas racun bagi lingkungan dan manusia digadang-gadang akan diterapkan pada beberapa mesin kendaraan tertentu dan juga diharapkan dapat dipakai oleh semua jenis kendaraan. Apabila teknologi ini kelak segera diterapkan maka lingkungan akan semakin menjadi bersih tanpa asap racun kendaraan.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua, terimakasih telah berkunjung.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar