By Galih at 11.03 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Nuklir - Banyak sekali sumber energi yang muncul di masa sekarang ini dan tidak terkecuali energi nuklir. Energi nuklir telah menjelma menjadi teknologi nuklir yang banyak dimanfaatkan di banyak segi kehidupan. Teknologi nuklir adalah teknologi yang melibatkan reaksi inti atom.

Manfaat teknologi nuklir



Pemanfaatan Teknologi Nuklir Dalam Kehidupan
Pembangkit tenaga listrik yang pertama kali memproduksi listrik menggunakan panas dari atom uranium mulai beroperasi pada 1950an. Sekarang ini banyak orang sadar akan pentingnya kontribusi energi nuklir yang memberikan pasokan listrik dunia dengan rapi dan bersih. Tidak banyak orang tahu bahwa banyak cara lain yang telah digunakan untuk menyelipkan atom aman secara diam-diam ke dalam kehidupan kita sehari-hari, seringkali tanpa pemberitahuan dan tidak dihargai akan manfaatnya. Sebagai contoh dari teknologi nuklir adalah radioisotopes dan radiasi. Radioisotopes dan radiasi telah banyak diterapkan pada pertanian, obat-obatan, industri dan penelitian. Teknologi nuklir juga memperbaiki kualitas hidup kita hari demi hari.

Makanan dan pertanian
Kurang lebih 800 juta dari 7 milyar penduduk di dunia mengalami kekurangan nutrisi yang cukup parah dan sudah ada puluhan ribu yang meninggal dunia akibat kelaparan dan kasus lain sejenisnya. Radioisotopes dan radiasi digunakan dalam makanan dan pertanian untuk membantu mengurangi masalah krisis pangan.

Untuk memperbaiki produksi makanan dengan cara yang tepat maka sektor pertanian harus dapat dipertahankan lebih lanjut. Badan pangan PBB dan organisasi pertanian bekerjasama dengan IAEA dalam program-program yang bertujuan untuk memperbaiki ketahanan pangan yang dibantu oleh tenaga nuklir dan bioteknologi.
Bahan pupuk
Pupuk tentunya memiliki harga yang cukup mahal dan apabila tidak tepat dalam penggunannya dapat merusak lingkungan. Maka dari itu efisiensi penggunaan pupuk menjadi perhatian khusus bagi negara berkembang dan negara maju. Tanaman hanya menyerap pupuk dalam jumlah tertentu dan pupuk yang tidak terserap hanya akan mengotori lingkungan.

Pupuk yang berlabel isotop khusus, seperti nitrogen-15 dan phosphorus-32 menyediakan keterangan mengenai takaran pupuk yang diserap tanaman dan yang terbuang sehingga hal tersebut memberikan kemudahan untuk mengatur pemakaian pupuk. Penggunaan N-15 membuat kita dapat memperkirakan berapa banyak nitrogen di udara yang tepat untuk tanah dan untuk bakteri akar pada kacang-kacangan.

Meningkatkan keanekaragaman genetik
Radiasi ion digunakan untuk mengurangi mutasi dalam pembiakan tanaman dan telah digunakan selama beberapa dekade, selain itu ada 1800 varietas tanaman telah dikembangkan menggunakan cara ini. Gamma atau penyinaran neutron sering digunakan sebagai penghubung dengan teknik-teknik lain untuk memproduksi garis genetik baru dari akar dan umbi tanaman, biji-bijian dan tanaman biji minyak. Varietas jenis baru dari tanaman sorgum, bawang putih, gandum, pisang, kacang dan lada menjadi lebih tahan terhadap hama dan lebih dapat beradaptasi dengan kondisi iklim yang keras.

Sumber air
Air minum yang memadai adalah hal yang sangat penting dalam hidup. Namun banyak negara-negara di permukaan bumi ini sering mengalami kelangkaan air bersih. Namun untuk perkembangan apapun, baik pertanian, industri atau pemukiman penduduk, supply air bersih yang cukup menjadi hal yang sangat vital. Teknik hidrologi isotope membuat pelacakan serta pengukuran tingkat sumber air bawah tanah lebih akurat. Teknik tersebut menyediakan alat analisis penting dalam pengaturan dan pelestarian stok air yang ada dan dalam pengidentifikasian sumber air terbarukan yang baru.

Selain itu, teknik tersebut juga menjawab pertanyaan mengenai asal-usul, usia dan penyaluran air tanah yang meliputi keterkaitan antara tanah dan permukaan air dan sistem resapan akuifer atau bebatuan. Untuk masalah permukaan air, teknik tersebut dapat memberikan informasi mengenai kebocoran yang terjadi pada waduk dan kanal irigasi, kestabilan danau dan waduk, kecepatan arus air, debit sungai dan tingkat sedimentasi. Dari Afganistan sampai Zaire, ada 60 negara baik Negara maju maupun berkembang yang telah menggunakan teknik isotop untuk meneliti sumber air mereka dan bekerjasama dengan IAEA.

Terapi
Penggunaan radioisotop dalam terapi relative sedikit, namun sangat penting. Pertumbuhan kanker dapa dirusak oleh radiasi yang dapat dilakukan secara external dengan penyinaran gama dengan daya 60 cobalt, atau bisa dilakukan dengan penyinaran internal menggunakan penyinaran gama dengan daya yang kecil atau radiasi beta. Radioterapi jarak pendek dikenal sebagai brachytherapy dan teknik tersebut menjadi sarana treatment utama. Banyak prosedur pengobatan yang menggunakan radioterapi berhasil meredakan sakit yang diderita, biasanya untuk menghilangkan rasa nyeri.

Baca juga berita teknologi yang lagi polpuler di bawah ini :

  1. Teknologi Militer Tercanggih Indonesia
  2. Teknologi Mobil Masa Depan Yang Sudah Dibuat 
  3. 8 Teknologi Tercanggih buatan indonesia

Itulah beberapa informasi tentang teknologi nuklir yang dapat saya berikan. Semoga dapat berguna, terimakasih telah berkunjung di blog kami.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar