By Galih at 09.54 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Kita semua tentunya memiliki puluhan botol plastik kosong yang tidak berguna di rumah. Meskipun kebanyakan dari kita memiliki waktu dan kemauan untuk mengubahnya menjadi suatu barang yang berguna, namun kebanyakan dari kita kurang memiliki kreativitas untuk melakukannya.

Untuk semua orang termasuk saya yang menyukai ide-ide kreatif untuk mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang berguna, di sini ada beberapa ide menarik untuk mengubah botol plastik bekas pakai menjadi benda yang berguna, seperti berikut.

Untuk mengetahui pengertian tentang Teknologi Tepat Guna baca disini : Pengertian Teknologi Tepat Guna

Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas

5 Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas

1. Pernak-pernik cantik untuk anak dari botol plastik bekas
Godaan untuk menciptakan ide-ide kreatif mengenai pernak-pernik anak selalu menjadi hal yang membuatku tetarik dan bersemangat karena setan-setan kreatif yang ada dipikiranku mendorongku untuk menciptakan sesuatu yang berguna. Langsung saja kita mengubah botol plastik bekas menjadi tempat menyimpan uang anak atau bisa kita sebut celengan imut.

Kita juga bisa membuatnya bersama dengan anak kita, sehingga hubungan erat antara ibu dan anak dapat terjalin dengan baik dan menambah keintiman karena anak-anak sangat menyukai untuk membuat sesuatu yang baru. Pertama-tama, tugaskan anak kita untuk mengambil dua botol plastik soda bekas pakai yang berukuran sama, lalu kita yang memotongnya menjadi dua bagian dengan jarak yang sama menggunakan paper knife.

Lalu tempatkan resleting yang sama panjang pada botol bagian bawah yang telah dipotong dan buatlah resleting tersebut melingkari kedua botol tepat pada bagian yang terpotong. Gunakan lem panas untuk merekatkan kedua sisi botol dan resletingnya, pastikan juga kedua sisinya kering sempurna. Kita juga dapat menjahit resltingnya agar menempel pada sisi botol, namun menurutku itu akan lebih mudah dan rapi menggunakan lem.
Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas

Setelah itu lukislah mata pada botol tersebut atau gunakan aksesoris berbentuk mata yang dapat kita temukan di toko-toko dan akhirnya kita mendapatkan dompet monster lucu untuk anak. Selain itu kita juga dapat membuat pernak-pernik berupa berlian buatan dari botol untuk menghiasi meja rias atau juga dapat digunakan untuk membuat wadah untuk cincin dan anting-anting kecil. Saya yakin anak-anak akan suka membuat kerajinan tangan dari botol bekas ini.

2. Kerajinan tangan sulam dari botol plastik bekas pakai  

Potong botol plastik bekas dengan rapi dan lubangi dengan jarak lubang yang teratur. Pilihlah sebuah pola yang mudah, kemudian masukkan benang yang berwarna cerah ke dalam lubang kemudian tarik dan bentuklah dari tarikan itu menjadi pola berbentuk sudut, bisa saja kita membuat pola segitiga di luar botol.
5 Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas Sederhana

Setelah rapi, lihatlah botol-botol bekas yang telah dihias begitu indah ditempatkan di meja belajar. Hal itu akan lebih indah lagi bila kita menggunakan kaleng-kaleng minuman bekas pakai. Selain itu kita juga dapat meletakkanya di meja dapur atau sebagai gagang sikat pada meja rias.
3. Gelang lucu untuk anak perempuan dari botol plastik bekas
Potonglah sebuah botol plastik menggunakan gunting atau paper knife. Lalu sediakan sedikit lem, benang, alat pembuat lubang (punching gun).
5 Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas Sederhana

Gunakan renda dan lihatlah hasilnya begitu menakjubkan. Aku yakin bila Sobat membuatnya maka Sobat akan memamerkannya kepada banyak orang hingga mereka tidak menyangka bahan apa yang dipergunakan untuk membuat gelang tersebut.

4. Membuat pot untuk tanaman
Cobalah membuat pot tanaman yang indah dari botol plastik bekas pakai dan tanamlah beberapa tanaman herbal seperti ketumbar, oregano, kemangi dan daun mint, lalu tempatkan di balkon rumah kita. Namun, jika kita tidak begitu tertarik dengan tanaman herbal, kita juga bisa menggantinya dengan tanaman hias.
5 Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas Sederhana

Caranya adalah dengan memotong botol plastik bekas, lalu kita dapat menentukan ukurannya sesuai selera, yang terpenting kita dapat memasukkan tanah ke dalamnya. Kemudian masukkan tanaman yang ingin ditanam.

5. Membuat dispenser atau wadah kantong plastik
Pernahkah Sobat merasa kesal dengan banyaknya kantong plastik bekas yang berserakan di sudut dapur atau rak. Plastik-plastik itu tentunya berasal dari kantong plastik bekas bahan makanan yang kita beli di toko atau pasar. Keadaan tersebut tentunya terlihat sangat berantakan dan kita juga tidak tahu dimana harus menempatkan kantong-kantong plastik itu.
5 Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas Sederhana

Jika suatu saat kita membutuhkannya. Kita dapat membuat wadah tempat kantong plastik dari botol plastik soda berukuran tiga liter dan gunakan bor untuk menempelkannya di pintu dapur. Kemudian kita dapat menempatkan kantong-kantong plastik bekas di wadah itu dan lihatlah semuanya menjadi lebih rapi.

Bagaimana sobat, menarik bukan teknologi tepat guna dari barang bekas? Setelah membaca berita di atas, semoga sobat sadar bagaimana cara memanfaatkan barang bekas dengan benar. Baca juga artikel terkait tentang teknologi dibawah ini.
Selamat membaca sobat, semoga artikelnya berguna dan menambah pengetahuan sobat.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar