By Galih at 11.16 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Tepat Guna adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam praktek-praktek yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan alat-alat yang berguna. Selain itu teknologi juga digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Di era sekarang ini teknologi telah berkembang cukup pesat.

Banyak sekali teknologi yang tentunya sangat berguna dalam kehidupan manusia dan biasanya disebut teknologi tepat guna. Teknologi tepat guna sendiri adalah teknologi yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, bahkan teknologi tepat guna juga dapat meningkatkan nilai ekonomi.

Pengertian Teknologi Tepat Guna


Dinamakan teknologi tepat guna karena teknologi ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Teknologi tepat guna adalah sebuah penemuan manusia yang sangat menakjubkan. Adanya teknologi tepat guna memberikan bukti nyata bahwa manusia memang diciptakan dengan akal. Ada banyak sekali teknologi tepat guna yang ada di sekitar kita antara lain :

Hippo roller


Hippo water roller adalah sebuah wadah air yang berbentuk barel atau tabung besar. Hal tersebut mempermudah kita untuk mengangkut air dan membawanya tanpa harus diangkat ataupun digendong namun hanya dengan menggulirkannya di tanah. Hippo water roller secara khusus didesign untuk meringankan beban si pengangkut yang mana sebelumnya masih menggunakan metode tradisional untuk mengangkut air menggunakan ember yang dijinjing.

Design hippo yang sangat inovatif menyediakan kapasitas air sebanyak 90 liter atau sama dengan 24 galon. Dengan hippo kita tidak perlu bersusah payah mengangkut air sebanyak 90 liter dalam sekali angkut, kita hanya perlu menggelindingkannya saja dan mengemudikannya dengan tangkai yang didesign khusus untuk mengatur gerak tabung air tersebut, bisa dibilang mirip seperti troli belanja hanya saja dalam bentuk yang berbeda.

Pengertian Teknologi Tepat Guna Lengkap Dengan Contohnya

Dengan adanya hippo water roller beban kita menjadi lebih ringan dibandingkan menggunakan metode tradisional seperti mengangkut air menggunakan ember dan dibebankan pada kepala. Hal tersebut tentulah sangat berbahaya karena dapat menekan tulang punggung dan membahayakan kepala kita. Bahkan metode tradisional tersebut hanya mampu mengangkut air sebanyak 20 liter di atas kepala kita, itu juga jika kepala kita kuat menanggung beban tersebut.

Sekarang ini, semua hippo roller diproduksi dan diekspor dari Afrika Selatan. Bagaimanapun juga mengekspor hippo roller cukup mahal, bahkan dikenakan biaya dua kali lipat dari harga ekspor produk lainnya. Namun sebuah mobile manufacturing unit telah dikembangkan sehingga roller dapat diproduksi di secara lokal jadi bisa dimana saja sehingga ongkos produksinya lebih murah.

Penggunaan hippo roller


Tujuan utama dari penggunaan hippo roller adalah untuk membantu orang-orang yang tidak memiliki sumber air di rumah, sehingga mereka bisa dengan mudah mengangkut air dari sumber air yang jauh dari rumah mereka. Hippo roller juga digunakan untuk mengalirkan irigasi contohnya saja di Zambia dimana para petani kapas skala kecil menggunakan hippo roller untuk mengairi tanaman mereka.

Sebuah bingkai kawat yang di design untuk dikaitkan ke roller dapat diubah menjadi perangkat kasur darurat yang dapat bergerak untuk orang yang sakit atau luka. Hippo roller juga telah digunakan sebagai alat tes, seperti perangkat anti ranjau dimana hippo roller di gelincirkan ke tanah untuk meredam ledakan ranjau darat ketika diisi air.

Traktor


Kata traktor berasal dari bahasa latin yaitu “trahere” yang berarti menarik. Traktor sendiri berupa mesin atau kendaraan untuk menarik kereta atau bajak. Sekarang traktor digunakan untuk menarik objek yang sangat sulit untuk digerakkan. Biasanya kita dapat melihat traktor di lahan pertanian yang digunakan untuk menarik mesin atau gerobak yang membajak atau menggaruk tanah.
Pengertian Teknologi Tepat Guna Lengkap Dengan Contohnya
Sebelum adanya traktor para petani khususnya di Indonesia membajak sawah menggunakan tenaga kerbau dan bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membajak sawah yang luasnya berhektar-hektar dengan mengandalkan tenaga kerbau?. Namun dengan adanya traktor masalah tersebut bisa teratasi, lahan pertanian dapat menjadi subur dalam waktu singkat dengan menggunakan traktor.
Pengertian Teknologi Tepat Guna Lengkap Dengan Contohnya
Memang ada beberapa keuntungan membajak lahan pertanian dengan menggunakan tenaga kerbau, salah satunya tanah dapat menjadi gembur karena kotoran kerbau yang jatuh pada saat membajak sawah dapat menjadi pupuk organik bagi tanah. Di tahun 1800an dan 1900an, traktor dijalankan menggunakan mesin tenaga uap. Namun traktor jenis itu tidak lagi digunakan karena ketidakstabilan mesin uap yang menyebabkan ledakan serta terjebaknya pengemudi pada sabuk pengaman dan sekarang traktor lebih banyak menggunakan mesin yang menggunakan bahan bakar solar maupun listrik.

Itulah Pengertian Teknologi Tepat Guna yang bisa saya jelaskan. Mudah-mudahan bisa lebih jelas dengan saya tambahkan contohnya, baca juga artikel dibawah ini.
Terimakasih sudah berkunjung di Home Tekno, semoga artikel yang sudah anda baca bermanfaat.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar