logo


Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk membeli TV LED/LCD. Namun yang paling penting dari segenap bahan pertimbangan tadi adalah fungsi utama dari sebuah TV. Apakah TV yang hendak kita beli bakal lebih sering kita pakai untuk menonton tayangan Full HD , untuk bermain game atau lebih banyak untuk menikmati tayangan lokal (terestrial). Ingat pula apakah Anda perlu fitur-fitur tambahan? Berikut beberapa pointer yang perlu Anda saat mengaudisi sebuah televisi.


1. Harga

Harga adalah pertimbangan nomor satu untuk banyak keluarga, tapi disarankan untuk tidak membeli produk yang  “asal murah”. Pertimbangkan value yang anda dapat dari uang yang dibelanjakan, Lebih baik mana murah tapi jelek dan cepat rusak atau sedikit mahal namun awet dan tidak bikin mata sakit. Sebaiknya Anda tidak mudah terpengaruh iklan atau nama besar sebuah brand.  Harga memang jarang berdusta, namun jika kita bisa mendapatkan penawaran kualitas yang baik dengan harga lebih murah, kenapa tidak?


2. Ukuran

Sesuaikan ukuran TV LCD dengan luas ruangan. Untuk ruangan yang luasnya kurang dari 3×3 meter persegi, TV berukuran 22-24 inci sudah cukup nyaman. Perhatikan pula jarak saat menonton. Hindari yang berukuran besar karena anda disarankan menonton dengan jarak lebih dari 30 sentimeter.

3. Response Time

Biasanya TV menggunakan ukuran milidetik untuk melihat kualitas gambarnya. Semakin tinggi kecepatan respon, TV mampu menayangkan gambar tanpa putus atau buram. Artinya, anda dapat menonton dengan nyaman.

4. Resolusi

Resolusi layar juga memengaruhi kualitas gambar. Semakin tinggi resolusinya, semakin bagus. Sekarang rata-rata TV LCD dengan ukuran layar 22-27 inci sudah memiliki resolusi 1920×1080 piksel, dengan begitu Anda sudah bisa menonton dengan kualitas tinggi. TV terbaru bahkan sudah ada yang mengusung resolusi 3840×2160 piksel (4K).

5. Konektivitas

TV LCD pasti tidak hanya dipakai untuk menonton saja, tetapi juga bermain game, dijadikan monitor komputer, melakukan video chat, atau bisa juga menjadi smart TV (TV Pintar). Karena itu, perhatikan juga konektivitas yang menyertainya, misal selot USB, HDMI, VGA, dan wi-fi.

6. Desain

Meski kualitas  gambar merupakan primadona dalam mengaudisi sebuah televisi, faktor desain juga punya peran yang tidak kalah penting. Anda harus bisa membayangkan TV yang hendak dibeli bisa terintegrasi dengan interior rumah atau ruangan tempat TV bakal

7. Lakukan riset kecil-kecilan

Sebelum membeli, bandingkan kualitas gambar, suara dan harga produk yang hendak dibeli. Riset bisa dilakukan dengan cara browsing, membaca ulasannya di majalah/online atau (yang paling ideal) langsung membandingkannya di oulet –outlet elektronik.

Leave a Reply

*

captcha *