By Galih at 11.40 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi CGI  atau Computer-Generated Imagery jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu pencitraan yang dihasilkan komputer adalah penggunaan grafik komputer atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D dalam efek yang spesial. Teknologi CGI di terapkan dalam pembuatan film, acara televisi dan iklan, bahkan media cetak pun menggunakan CGI. Permainan pada video atau akting umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), tapi juga sering menggunakan "adegan tengah" (cutscene) yang telah di render dan film-film pembuka yang sangat mirip dengan penggunaan teknologi CGI, ini dinamakan sebagai Full Motion Video (FMV).

Pengertian Teknologi CGI


Teknologi CGI ini sering digunakan untuk efek visual komputer karena efek yang dihasilkan lebih mudah dikontrol dan lainnya juga lebih berdasarkan proses fisik, seperti membuat miniatur untuk efek gambar atau menyewa tambahan untuk adegan keramaian atau perang masal seperti film yang melibatkan banyak prajurit. Hal ini dapat juga menciptakan satu film untuk menghasilkan konten tanpa memakai  aktor, contohnya saja seperti pembuatan film Fast & Furious 7.

Contoh Teknologi CGI Dalam Pembuatan Film


Pengertian Teknologi CGI Dan Contohnya
Jika Sobat pernah menonton film Fast & Furious 7 pasti akan melihat sosok Paul Walker yang masih berperan sebagai Brian O’Conner. Padahal, kita semua tahu bahwa Paul Walker sudah meninggal dunia saat proses pembuatan film Fast & Furious 7 masih berlangsung. Sobat pasti bertanya-tanya bagaimana sosok Paul Walker bisa hidup kembali? Na disini Teknologi memegang peranan penting dalam pembuatan film Fast & Furious 7.

Sosok Paul Walker bisa dihidupkan kembali dengan memanfaatkan teknologi yang sangan canggih yaitu teknologi CGI. Teknologi CGI dapat dibuat dalam bentuk 2D ataupun 3D sesuai dengan keinginan. CGI 2D biasanya digunakan pada bidang-bidang yang datar. Contoh obyek yang dibuat dengan CGI 2D yaitu tokoh kartun dan bentuk-bentuk geometrik. Software yang dipakai untuk membuat biasanya yaitu Adobe Illustrator, GNU Image Manipulation Program, Adobe Photoshop, CorelPaint dan CorelDraw, serta AutoCAD.

Selain gambar 2D, CGI juga bisa menghasilkan obyek 3D. CGI 3D ini memungkinkan Sobat untuk membuat obyek dengan bentuk nyata, pencahayaan, teksturtekstur, bahkan obyek tersebut bisabbergerak seolah-olah menjadi hidup. CGI 3D biasanya diaplikasikan saat pembuatan film pada obyek manusia, lingkungan, hewan, dan lain-lain. Software yang dipakai didalamnya biasanya adalah Autodesk 3Ds Max, Blender, Autodesk Maya, Cinema 4D Studio, Lightwave 3D, Sketchup, dan lain-lain.

Pengertian Teknologi CGI Dan Contohnya

CGI berbeda dengan film animasi atau film kartun pada umumnya. Proses pembuatan film kartun umumnya dimulai dengan menggambar atau mendesai tokoh atau karakter dalam film dengan cara manual. Sedangkan teknologi CGI cara membuat karakter tokohnya dengan menggunakan software tertentu di komputer. Film kartun saat ini juga banyak yang telah menerapkan teknologi CGI karena dianggap lebih cepat proses pembuatannya meskipun membutuhkan biaya yang sangat mahal. Beberapa contoh film kartun yang belum memakai teknologi CGI dan masih menggunakan cara manual yaitu film Pinocchio, 101 Dalmation, Aladin, Mickey Mouse, dan lain sebagainya. Sedangkan beberapa contoh film kartun yang telah menggunakan teknologi CGI yaitu Toy Story, Wall-e, Finding Nemo, Cars, The Incredibles, Monster Inc, dan lain-lain.

Terus bagaimana Paul Walker dapat kembali berperan di Film Fast & Furious 7? Jawabannya karena Sang Sutradara, James Wan, membuat sosok Brian O’Conner diperankan oleh dua saudaranya Paul Walker, yang bernama Cody dan Caleb Walker pada beberapa adegan yang diambil setelah meninggalnya Paul Walker. Dengan berbagai teknik CGI yang dilakukan, wajah dari kedua saudara Paul Walker ini dibuat sedemikian rupa agar mirip wajah Paul Walker sehingga penonton seolah-olah tetap melihat Paul Walker yang asli.

Baca juga berita tentang perkembangan teknologi di bawah ini :


Demikian info tentang teknologi CGI yang bisa saya jelaskan, semoga sobat dapat memahaminya, jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar