By Galih at 18.15 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara Membuat Aplikasi Android - Makin popular nya semartphone android membuat banyak orang berlomba untuk mengembangkan aplikasi untuk OS smartphone ini. Dan untuk Sobat yang ingin membuat suatu aplikasi, banyak cara yang bisa Sobat lakukan untuk membuat suatu aplikasi yang mudah, medium ataupun susah.

Cara Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android

Sebenarnya aplikasi android yang akan Sobat buat juga tergantung dengan kebutuhan, karena tiap software yang akan Sobat gunakan untuk membuat aplikasi android memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan berikut cara membuat aplikasi android yang bisa Sobat coba:

1. Netbeans dan Eclipse
Ini adalah high level application development yang menggunakan java sebagai bahasa utamanya, untuk menggunakan software ini, Sobat membutuhkan keahlian programming yang cukup handal, karena software ini cukup rumit dan hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki skill programming yang tinggi. Biasanya pelajaran tentang Netbeans dan Eclipse ini ada di bangku kuliah semester 3 ke atas, dan untuk Sobat yang ingin menjadi programming yang handal, pastinya harus menguasai materi yang di ajarkan di semester tersebut. Atau Sobat juga bisa mempelajarinya secara otodidak, namun pastinya membutuhkan keseriusan dan waktu yang cukup lama.
Keunggulan dari software ini adalah aplikasi yang dihasilkan sangat bagus, kustomisasi dan preset juga lebih banyak dalam pembuatan nya. Struktur pemrograman dengan aplikasi ini juga sangat terorganisir. Namun ada juga kelemahan yang ada di software ini, yaitu proses instalisasinya sangat rumit, butuh load yang lama, ukuran besar sehingga membutuhkan memory yang cukup besar. Sobat juga harus benar-benar mengetahui pemrograman dengan baik untuk bisa menjalankan nya. Apalagi proses tes yang Sobat lakukan untuk aplikasi yang dihasilkan sangat susah, bahkan hasil emulator dan yang ada di smartphone sangat berbeda.

2. Basic4 Android
Ini adalah software mid level development untuk android, mungkin banyak di antara Sobat yang tidak tahu tentang software ini. Koding yang digunakan software ini bukan bahasa java, karena memang software ini menggunakan bahasa basic. Namun dengan begitu Sobat akan lebih mudah, karena bahasa basic lebih mudah dipelajari. Software ini juga tidak gratis, harganya juga lumayan mahal. Namun support dan library nya lumayan lengkap. Kompatibilitas nya juga kurang bagus, karena belum terlalu popular.

3. MIT App Inventor
Aplikasi ini bisa Sobat gunakan untuk membuat aplikasi, meskipun Sobat tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun. Karena memang aplikasi ini hanya membutuhkan alur dan logika saja, jika Sobat sering atau jago membuat flowchart pastinya sudah tidak akan kaget dengan software yang satu ini, karena memang software ini sangat mudah untuk digunakan. Sobat tidak harus menggunakan koding dan lain sebagainya seperti hal nya Sobat menggunakan aplikasi di atas. Bahasa pemrograman nya tidak menggunakan koding, namun menggunakan puzzle blok. Software ini juga terhitung masih baru dan mungkin bisa segera Sobat coba untuk membuat aplikasi menggunakan software ini.

Keunggulan dari software ini adalah proses instalisasinya paling mudah di antara lain nya, software ini juga gratis, sehingga Sobat bisa menggunakan nya tanpa harus mengeluarkan modal. Pengembangan nya yang cepat juga akan memudahkan Sobat. proses pembuatan aplikasi nya bertipe build Sobat test. Namun software ini juga memiliki kekurangan jika disbanding dengan software lain nya, karena fitur yang diberikan masih rendah dan proses pemuatan nya harus online, sehingga Sobat membutuhkan koneksi internet yang stabil. Bukan itu saja, beberapa hasil aplikasi yang dibuat dengan software ini juga kurang bagus kompatibilitasnya.

Dan bagi Sobat yang sudah paham bahasa pemrograman bisa menggunakan software netbean Sobat eclipse, namun untuk lebih mudah nya Sobat bisa menggunakan software MIT App Inventor, karena memang software yang satu ini bisa digunakan oleh orang yang tidak paham bahasa koding atau pemrograman. Sehingga Sobat bisa mencobanya dengan mudah. Dengan software ini Sobat juga tidak perlu banyak menggunakan keyboard karena memang Sobat akan lebih banyak menggunakan mouse.
Baca juga berita tentang teknologi di bawah ini

  1. 4 Aplikasi Android Penghasil Pulsa Tercepat
  2. 5 Teknologi Android Terbaru 2016
  3. Teknologi Mobil Masa Depan Yang Sudah Dibuat

Demikian informasi tentang cara membuat aplikasi android ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Sobat. Terima kasih.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar