By Galih at 11.49 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Bioteknologi merupakan salah satu pemanfaatan organisme ataupun komponen dari suatu organisme dengan tujuan menghasilkan produk maupun jasa tertentu.  Bioteknologi berkembang dengan cepat dimulai saat ditemukannya mikroskop dan struktur DNA sebagai materi genetik pada makhluk hidup. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu bioteknologi modern dan bioteknologi konvensional.

Tujuan Bioteknologi


Tujuan Bioteknologi
Bioteknologi modern bersifat lebih kompleks, karena menghasilkan produk dalam jumlah yang besar atau sudah menjadi salah satu industri yang besar, dan menggunakan alat yang canggih. Bioteknologi konvensional bersifat sederhana, karena hanya menghasilkan produk dalam jumlah sedikit, peralatan yang digunakan pun masih relatif sedikit dan sederhana.

Bioteknologi modern ini lebih fokus  pada upaya rekayasa genetik untuk menciptakan organisme yang transgenik. Meskipun demikian, bioteknologi modern tidak hanya dilihat dari sudut pandang penggunaan komponen atau organisme yang sudah direkayasa, tapi juga kemutakhiran teknologi yang digunakan.

Tujuan Penerapan Bioteknologi

Tujuan bioteknologi salah satunya yaitu untuk upaya menambah kualitas dan kuantitas tanaman ataupun hewan demi memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pemuliaan organisme melalui bioteknologi secara nyata dapat dilakukan dengan rekayasa genetika, mutasi, maupun perkawinan silang. Salah satu teknik yang sudah banyak di aplikasikan sekarang ini adalah poliploidisasi.

Pada awalnya poliploidi ini hanya bisa terjadi secara alami karena kondisi tertentu, namun seiring dengan perkembangan bioteknologi, poliploidisasi dapat terjadi secara induksi (buatan). Teknik Poliploidisasi buatan ini dapat diaplikasikan pada tumbuhan ataupun hewan. Poliploidisasi adalah suatu bentuk aplikasi bioteknologi yang terjadi karena adanya proses pengubahan pada komponen genetik suatu organisme dengan menggunakan bahan dan teknik tertentu. Baca juga artikel tentang Teknologi dan Bioteknologi di bawah ini :

  1. 11 Contoh Bioteknologi Konvensional
  2. 13 Contoh Bioteknologi Modern
  3. Teknologi buatan indonesia

Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda yang membacanya, terimakasih telah berkunjung.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar