By Galih at 14.02 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Tidak terasa kita telah memasuki tahun 2015, bahkan sebentar lagi akan beralih menuju ke tahun 2016. Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang terjadi di tahun 2015, selain itu di tahun tersebut dunia seolah-olah telah menunjukkan kepada kita berbagai macam kecanggihan teknologi. Bahkan di sudut manapun kita memandang teknologi selalu ada di sana.

Teknologi Terbaru 2015


Bisa dibilang tahun 2015 ini merupakan awal dari kemajuan teknologi di berbagai bidang yang nantinya menjadi cikal bakal kehidupan dunia yang lebih modern dan tentunya membawa banyak manfaat. Contohnya saja dalam dunia kesehatan, ada yang namanya Brain organoid.

Contoh Teknologi Terbaru 2015


1. Brain organoid 
Brain organoid adalah sebuah metode baru untuk menumbuhkan sel otak manusia yang dapat menguak misteri penyakit dementia, penyakit mental dan gangguan neurologis. Untuk melakukan proses brain organoid, para ilmuwan menempatkan gumpalan jaringan yang berukuran sangat kecil namun masih bisa dilihat oleh kasat mata dalam cairan yang berwarna peach dan ditempatkan dalam wadah kaca. Itu adalah cerebral organoid yang memiliki beberapa fitur tertentu dari otak manusia dalam tiga bulan perkembangan pertama, termasuk lobus korteks.

Teknologi Terbaru 2015

Kumpulan jaringan manusia yang ada dalam cairan berwarna peach bukanlah benar-benar otak yang tumbuh dalam wadah tersebut. Namun jaringan otak tersebut sengaja ditempatkan dalam wadah agar para peneliti dapat memahami bagaimana sel neuron dapat tumbuh dan berfungsi dalam otak sehingga kita mengerti bagaimana aktivitas dasar dari otak yang dapat menyebabkan penyakit schizophrenia dan autis.

Sebelum jaringan otak yang diambil tumbuh dalam wadah kaca tersebut, sebuah organoid otak diambil dalam bentuk sel kulit tunggal dari orang dewasa. Dengan dorongan biokimia, sel tersebut dapat berubah menjadi sel induk pluripotent yaitu jenis sel yang dapat tumbuh menjadi salah satu dari beberapa jenis sel dan kemudian menjadi sebuah neuron. Itu adalah sebuah proses yang sekarang ini dapat dilakukan dimana sebelumnya tidak dapat terjadi.

Sekarang ini para ilmuwan dapat secara langsung melihat bagaimana jaringan sel otak manusia yang hidup berkembang dan berfungsi dan bagaimana mereka dipengaruhi oleh berbagai senyawa obat atau modifikasi genetik. Karena otak-otak mini tersebut dapat ditumbuhkan dari sel otak orang tertentu, maka organoid dapat dijadikan contoh yang akurat yang belum pernah ada sebelumnya untuk berbagai penyakit.
2. Sony project Morpheus
Sony project Morpheus sekarang memiliki nama resmi yaitu PlayStation VR. PlayStation VR adalah headset virtual reality yang diproduksi oleh Sony Computer Entertainment yang di design untuk difungsikan pada sistem PlayStation 4. Selain itu PlayStation VR juga di design untuk memanjakan para pecinta game agar mereka dapat memainkan permainan secara virtual dalam artian secara nyata seperti benar-benar terjadi.

Teknologi Terbaru 2015

Project Morphus 2015 tetap mempertahankan designnya seperti model yang terdahulu yaitu dengan display full HD 1920x1080, namun mengalami kenaikan dari 5 inches menjadi 5,7 inches sehingga memberikan tambahan 100 derajat untuk sudut pandang.

PS VR menggunakan kamera PlayStation untuk memberikan data pelacakan dan menempatkan fungsi bagian belakang kepala sama seperti bagian depan sehingga para pengguna dapat melihat secara langsung sisi yang ada di belakangnya. Kamera mengikuti jejak headset VR sekitar 1000 kali per detik sehingga memberikan permainan yang mulus tanpa cacat. Dalam demo yang telah kita lihat sejauh ini, Project Morpheus game menggunakan standar Dual Shock 4 controller yang mana secara ruang mudah dikendalikan selama menggunakan alat pemukul yang tersedia.

Sony PlayStation VR akan dipasangkan pada Sony PlayStation 4. Tipe PS4 memang tergolong masih sangat baru sehingga mudah sekali untuk dibentuk untuk segala sistemnya dan prosesor grafik AMDnya telah dibangun untuk menghandel stereoskopik 3D processing. Namun Sony telah menciptakan kotak sekunder yang dihubungkan ke PS4 melalui USB dan HDMI untuk menangani cara kerja headset tertentu.

Keunggulan dari kotak tersebut yaitu terdapat HDMI-out sehingga kita dapat menghubungkannya dengan layar dan sehingga pengguna dapat melihat apa yang mereka mainkan tanpa ada gangguan. Sony telah mengutarakan bahwa Sony PlayStation VR dapat mengembangkan VR headset dalam versi wireless. Designer game senior, Jed Ashforth mengatakan bahwa perusahaan tidak akan pernah mengatakan tidak ketika ditanya tentang kemungkinan untuk menciptakan wireless project morpheus.

3. Teknologi Tercanggih

Teknologi Terbaru 2015
Dalam teknologi ini masih ada banyak perencanaan untuk teknologi dimasa depan yang pastinya akan semakin canggih. Jika sobat ingin mengetahui apa saja teknologi tercanggih di masa depan baca disini : 11 Teknologi Masa Depan Tercanggih

4. Teknologi Komputer
Teknologi Terbaru 2015
Setiap tahun teknologi komputer di indonesia semakin canggih dan pastinya bentuknya semakin tipis. Bahkan ada cuga komputer yang berbentuk pena, untuk lebih jelasnya baca disini : Teknologi Komputer Terbaru

5. Teknologi Smartphone
Teknologi Terbaru 2015
Ada banyak produk smartphone yang sekarang memiliki teknologi-teknologi super canggih. Ada yang bentuknya flexible, kamera yang semakin jernih dan masih banyak lagi. Atau sobat bisa melihat ulasan smartphone tercanggih disini : Teknologi Handphone Masa Depan Tercanggih

Itulah beberapa contoh teknologi terbaru yang bisa sobat nikmati. semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar