By Galih at 11.33 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi Mekanik - Hampir semua benda yang kita miliki dan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah hasil dari teknologi. Selain itu, benda-benda yang berada di sekitar kita juga merupakan benda-benda berteknologi mekanik. Teknologi mekanik atau peralatan mekanik adalah benda-benda yang pengoperasiannya menggunakan tenaga manusia maupun non manusia.

Teknologi Mekanik Terbaru


Teknologi mekanik berupa benda-benda yang terbuat dari berbagai macam bahan dasar, baik berasal dari besi, kayu, plastic, alumunium dan lain-lain. Setiap peralatan memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Ada beberapa teknologi mekanik yang tentunya sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti :
Solder
Solder besi adalah peralatan tangan yang digunakan untuk menyolder. Alat solder menghasilkan panas untuk meleburkan solder sehingga dapat mengalir ke dalam lipatan las yang sering disebut joint yang terdapat di antara dua benda yang sedang dikerjakan. Solder besi terdiri dari ujung logam yang dipanaskan dan sebuah pegangan yang terpisah.
Teknologi Mekanik Terbaru

Panas tersebut dapat diperoleh secara elektrik, hal itu dilakukan dengan mengalirkan aliran listrik melalui elemen yang tahan panas. Besi tanpa kawat listrik dapat dipanaskan dengan cara membakar gas yang tersimpan dalam tangki kecil, hal tersebut lebih sering menggunakan pembakar katalis dibandingkan lidah api. Dalam proses penyolderan biasanya menggunakan besi yang sangat tipis dan simpel daripada sebelumnya yang hanya menggunakan tembaga berukuran besar yang dipanaskan menggunakan lidah api.

Solder besi lebih banyak digunakan untuk instalasi, reparasi dan pekerjaan produksi lainnya dalam perakitan elektronik. Line produksi tingkat tinggi menggunakan metode penyolderan lainnya. Lempengan besi yang besar biasanya digunakan untuk menyolder joint pada lembaran logam. Namun penyolderan tidak lazim digunakan pada pyrography dan las plastik.

Obeng
Obeng adalah sebuah alat yang pengoperasiannya dilakukan secara manual maupun mesin dan berfungsi untuk memutar sekrup. Tipikal obeng yang sederhana memiliki pegangan dan batang dengan ujung yang runcing yang digunakan untuk memasukkan kepala sekrup dan memutarnya ke dalam objek. Batang tersebut biasanya terbuat dari baja yang kuat agar tidak mudah patah ataupun berputar arah.
Teknologi Mekanik Terbaru

Ujung batangnya dibuat sangat keras agar dapat menahan beban tangan kita ketika digunakan, selain itu lapisan ujungnya juga dibuat lebih gelap untuk mengindari kontras visual antara ujung dan sekrup. Pegangan obeng biasanya terbuat dari kayu, logam atau plastik dan biasanya berbentuk segi enam, kotak atau oval untuk memperkuat cengkraman dan mencegah alat tersebut tergelincir ketika disimpan. Beberapa obeng manual memiliki ujung batangan yang dapat ditukar yang muat dengan rongga pangkal pegangan dan ditahan secara mekanis atau magnetis. Obeng dengan tipe seperti itu sering kali memiliki pegangan yang berongga dan memiliki banyak tipe dan ukuran ujung batangan, selain itu ada juga yang memiliki roda gigi searah yang tentunya memudahkan para pengguna sehingga tidak perlu membalikkan ujung batangan.

Setiap obeng digolongkan berdasarkan ujung batangannya, yang dibentuk sesuai dengan bidang yang akan disekrup, lubang, lekukan, cekungan sekrup dan lain-lain atau bisa juga disesuaikan dengan kepala sekrup. Sebaiknya ujung batangan obeng digunakan pada kepala sekrup yang memiliki ukuran dan jenis yang sama dengan ujung batang obeng. Ujung batang obeng memiliki berbagai macam tipe dan ukuran. Dua tipe yang biasa digunakan yaitu tipe mata pisau sederhana dan phillips.

Gergaji tangan
Dalam woodworking dan pertukangan, gergaji tangan atau yang dikenal dengan sebutan gergaji panel atau gergaji ikan dan sering digunakan untuk memotong kayu menjadi berbagai macam bentuk. Proses pemotongan tersebut biasanya dilakukan untuk menyatukan potongan-potongan kayu menjadi satu. Mata pisau gergaji dibuat lebih keras dan lebih tajam dibandingkan obejek kayu yang dipotong. Gergaji tangan lebih mirip seperti gergaji duri hanya saja lebih pipih dengan tepian yang sangat tajam.
Teknologi Mekanik Terbaru

Gergaji tangan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya hieroglif Mesir yang menggambarkan para pengrajin kayu di jaman dahulu yang sedang menggergaji papan menjadi beberapa potong. Selain itu juga teah ditemukannya gergaji busur kuno di Jepang. Bahkan pola potongan papan kayu kuno yang telah diteliti berungkali menunjukkan bahwa terdapat bekas ptoongan unik yang dihasilkan dari pisau gergaji.

Baca juga artikel di bawah ini :
Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar