By Galih at 15.29 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Dampak Negatif  Bioteknologi ModernRekayasa genetika memang saat ini telah menjadi trend di berbagai bidang, dari mulai pertanian, peternakan bahkan kesehatan. Rekayasa genetika merupakan suatu sistem yang masuk dalam tataran bioteknologi modern. Dalam sebuah eksperimen pasti ada dampak negatif dan positifnya, berikut dampak negatif bioteknologi modern.

Dampak Negatif  Bioteknologi Modern


Dampak Negatif  Bioteknologi Modern

1. Susu sapi yang telah disuntikkan hormon BGH (bovine growth hormone) atau sering disebut hormon pertumbuhan sapi. Hal ini disinyalir mengandung beberapa bahan kimia baru yang punya potensi bahaya bagi kesehatan manusia..

2. Jagung yang telah direkayasa sebagai pakan unggas dapat menjadikan unggas tersebut mengandung genetic modified organism yang disingkat GMO dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan manusia.

3. Ada dugaan bahwa SARS ( Severe acute respiratory syndrome) yang telah menghebohkan dunia, diduga disebabkan oleh rekayasa genetika dari virus Corona.

4. Pelepasan organisme transgenik ke alam dapat mengganggu keseimbangan alam dan kelestarian organisme, banyak juga yang berpendapatan organisme transgenik ini melawan kodrat alam.

5. Pencemaran terhadap biologi, pencemaran ini disebabkan  apabila makhluk hidup transgenik di lepas ke alam bebas  entah itu sengaja dilepas atau terlepas dan kawin dengan makhluk hidup maka normal dapat menghasilkan keturunan yang mutan atau tidak normal.
Itulah beberapa dampak negatif bioteknologi modern yang saya ketahui. Tidak lengkap rasanya jika kita membahas dampak negatifnya saja tanpa membahas dampak positif atau keuntungan  bioteknologi modern. Di bawah ini akan saya berikan beberapa contoh dari keuntungan bioteknologi modern.

Dampak positif Bioteknologi Modern

  • Mampu mengurangi kepunahan hewan langka yang sudah hampir punah .
  • Ditemukannya cara untuk mengatasi kemandulan, yaitu dengan Bayi Tabung. Cara mendapatkan keturunan ini terbilang sukses dalam bidang bioteknologi modern.
  • Mampu mengatasi permasalahan terbatasnya lahan pertanian.
  • Dapat mengatasi produksi bibit tumbuhan yang sama dalam jangka waktu singkat dan dengan hasil yang lebih baik.
  • Mampu mengendalikan serangga perusak tanaman budidaya sehingga tanaman menjadi kebal terhadap hama.
Semoga penjelasan saya tentang dampak bioteknologi modern bisa diterima. Baca juga artikel tentang bioteknologi lainnya dibawah ini.

  1. Contoh Bioteknologi Modern
  2. Dampak Bioteknologi Terhadap Lingkungan
  3. Dampak Negatif Bioteknologi Terhadap Kesehatan
Terimakasih telah mengunjungi blog kami, semoga artikelnya bermanfaat.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar