By Galih at 12.38 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Dampak negatif Bioteknologi terhadap kesehatan jangan lah di anggap remeh. Produk rekayasa di bidang kesehatan dapat juga menimbulkan masalah serius. Contohnya adalah penggunaan insulin dari hasil rekayasa yang telah menyebabkan 31 orang meninggal dunia di Inggris. 

Contohnya seperti Tomat Flavr Savr yang dibuat dengan menyisipkan gen antibeku dari ikan air dingin ke dalam gen tomat yang diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotik. Ada juga Susu sapi yang disuntik dengan hormon BGH dan disinyalir mengandung bahan kimia baru yang mempunyai potensi berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Dampak Bioteknologi Terhadap Kesehatan

Dampak Negatif Bioteknologi Terhadap Kesehatan

Selain dapat menimbulkan masalah yang serius, di bidang kesehatan manusia kemungkinan juga terdapat produk gen asing seperti gen cry dari bacillus sphaeericus maupun bacillus thuringiensis. Gen ini dapat menimbulkan reaksi seperti alergi pada tubuh manusia.
Perlu sobat cermati pula bahwa insersi (penyisipan) gen asing ke genom inang dapat menimbulkan interaksi. Contohnya antara gen asing dengan inang produk pertanian dan kimia yang menggunakan bioteknologi.

Dampak Negatif Bioteknologi Terhadap Kesehatan


Dampak Negatif Bioteknologi Terhadap Kesehatan
Tidak semua masyarakat di dunia ini mau menerima bioteknologi. Karena banyak yang menganggap bioteknologi itu melawan kodrat alam. Padahal para ahli hanya bermaksud mencontohkan peristiwa yang terjadi di alam. Bioteknologi yang menimbulkan kontroversi di masyarakat misalnya bayi tabung, pengkloningan manusia atau  transplantasi organ tubuh.

Dengan kemajuan Bioteknologi yang sangat pesat, belum ada hukum yang mengikuti perkembangan di bidang bioteknologi. Ada kekhawatiran saat keterampilan merekayasa gen dimanfaatkan untuk perbuatan yang jahat, misalnya mengubah gen bakteri yang busa di ubah menjadi ganas dan dimanfaatkan untuk senjata biologi.


Dengan munculnya organisme transgenik yang belum diketahui dampaknya, Organisme transgenik dikhawatirkan justru akan mempengaruhi keseimbangan alam. Bahkan Bioteknologi bisa sulit dikendalikan atau dapat membahayakan keselamatan umat manusia.

Cukup sekian penjelasan mengenai Dampak Bioteknologi Terhadap Kesehatan. Silahkan lanjutkan membaca beberapaartikel mengenai Bioteknologi di bawah ini :
Semoga penjelasan tentang Bioteknologi di atas dapat sobat pahami. Terimakasih telah mengunjungi situs kami.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar