By Galih at 11.14 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi reproduksi adalah upaya manusia untuk mengembangbiakan hewan ataupun tumbuhan dengan beberapa cara yang diharapkan bisa mengatasi masalah dalam perkembangbiakan.

Teknologi yang berkembang saat ini memang tidak hanya seputar teknologi elektronik saja, namun telah merambat kepada tumbuhan dan juga hewan, banyak bermunculan teknologi tumbuhan yang berhubungan dengan cara menanam tumbuhan agar hasilnya melimpah, dimana saja tumbuhan bisa ditanam dan lain-lain. ada juga teknologi yang membahas tentang bagaimana mengembangbiakan hewan dan lain-lain.

Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan Dan Hewan


Bagi anda yang bertanya-tanya apa sajakah teknologi reproduksi yang ada saat ini, maka berikut kami merangkumnya untuk anda:

1. Hidroponik
Hidroponik adalah cara penanaman tumbuhan menggunakan larutan nutrisi dan mineral dalam air tanpa menggunakan tanah yang saat ini banyak dikembangkan oleh para petani hidroponik. Biasanya cara ini dilakukan untuk menanam tanaman darat seperti paprika, tomat, timun, melon, terong dan selada. Tanaman ini bisa tumbuh dalam wadah yang diberi nutrisi dan mineral dalam air atau bisa juga ditambahkan media yang tidak dapat menyerap air seperti kerikil, spons, skam ataupun serbuk kayu. Dengan adanya nutrisi maka tanaman tidak membutuhkan tanah untuk diserap nutrisinya.

2. Vertikultur
Teknik ini sangat cocok dilakukan di daerah perkotaan yang minim lahan, karena teknik ini merupakan budidaya yang menanam tanaman dengan cara membuat instalasi secara bertingkat, sehingga meskipun lahan nya sempit, tapi tetap menghasilkan tanaman yang melimpah. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menggantung tanaman ataupun menaruhnya secara bersusun.

3. Kultur Jaringan Tumbuhan
Kultur jaringan ini adalah salah satu metode untuk memperbanyak tumbuhan dengan cara mengambil bagian dari suatu tumbuhan seperti sel atau jaringan sel. Dan bagian yang sudah di ambil tersebut ditaruh di tempat yang mengandung nutrisi dan zat pengatur hormone, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri dan berkembang menjadi tanaman utuh yang memiliki akar, batang dan daun. Anda bisa menggunakan metode ini untuk semua jenis tanaman, namun setiap tanaman pastinya memiliki perlakuan khusus.

4. Inseminasi Buatan
Inseminasi buatan atau yang biasa disebut kawin suntik adalah proses memasukan sperma hewan jantan pada hewan betina dengan menggunakan alat tertentu, hal ini bertujuan untuk dapat mengatasi kesulitan bertemunya hewan jantan dengan betina karena faktor geografis ataupun karena masa kawin yang tidak bersamaan.

5. Bayi Tabung
Fertilisasi in vitro ini adalah proses mempertemukan sperma dengan sel telur diluar tubuh induk nya, hal ini dilakukan karena untuk mengatasi masalah sperma yang tidak dapat bertemu dengan sel telur. Setelah terjadinya pembuahan, maka embrio dimasukan ke dalam rahim hewan betina.

6. Kloning
Kloning adalah proses untuk mengganti sel telur dengan sel somatis, dan diberi kejutan listrik hingga sel tersebut berkembang biak. Kemudian setelah berhasil berubah menjadi embrio, maka embrio tersebut ditanamkan pada rahim hewan betina. Dan anak yang dihasilkan tersebut akan sangat mirip dengan induk yang diambil inti somatisnya.

7. Hibridisasi
Untuk mendapatkan individu baru yang mempunyai sifat berbeda dengan induknya, maka anda bisa menggunakan metode ini untuk mengawinkan dua individu yang berbeda sifatnya, sehingga diharapkan anaknya akan memiliki sifat yang berbeda.

Itulah teknologi rerproduksi yang telah dikembangkan oleh para ilmuan, dan dengan adanya teknologi seperti ini, diharapkan perkembangan tumbuhan dan hewan akan semakin pesat sehingga hasil dari tanaman ataupun berternak dapat maksimal. Dan semoga kedepan nya semakin banyak ditemukan teknologi-teknologi baru seputar dunia tumbuhan dan hewan.

Baca juga info tentang teknologi reproduksi atau bioteknologi di bawah ini :
  1. 11 Contoh Bioteknologi Konvensional
  2. 13 Contoh Bioteknologi Modern
  3. Bioteknologi Kedokteran
Demikian informasi tentang teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan yang dapat kami informasikan kepada anda. semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar