By Galih at 11.44 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Teknologi LCD Dan LED - Perbedaan antara LCD dan LED terkadang membuat orang awam merasa bingung. Meskipun tampaknya sama, tapi ada perbedaan di antara LED dan LCD. Teknologi LED yang merupakan perkembangan dari teknologi LCD sebenarnya hanya sebatas mengembangkan kekuatan LCD dengan daya listrik yang lebih efisien.

Meskipun demikian, LED juga memiliki kelebihan lain daripada LCD. Hal ini tergantung pada tujuan pemakaian layar monitor yang akan Anda pakai bisa saja LCD lebih enak di pakai. Supaya lebih jelas mengenai LCD dan LED, mari kita simak perbedaan LED dan LCD berikut ini.

Perbedaan Teknologi LCD Dan LED


Perbedaan Teknologi LCD Dan LED
LED
LED atau nama panjangnya Light Emitting Dioada, teknologi LED dalam TV sebenarnya memang sangat mirip dengan teknologi LCD bahkan jika dilihat dari segi kinerjanya titak jauh berbeda. Dalam hal layar LED juga sama halnya dengan LCD yang memakai teknologi Liquid Crystal Display dengan desain tipis. Salah satu perbedaan yang mencolok antara LCD dan LED adalah sumber cahayanya yang terdapat di belakang layar. Jika TV LCD masih menggunakan lampu neon, dan TV LED menggunakan Light Emitting Dioda.
Terdapat dua jenis pencahayaan pada teknologi LED. Yang pertama yaitu pencahayaan Edge dan yang kedua yaitu pencahayaan Full-Array. Untuk pencahayaan dengan tipe Edge, rangkaian dioda diatur sepanjang tepi di bagian luar layar. Ketika ada arus listrik yang mengalir, maka cahaya didistribusikan di daerah layar. Sedangkan pencahayaan jenis Full-Array, terdapat beberapa baris dioda di bagian belakang semua permukaan layar. Dioda adalah salah satu komponen dari elektronika yang termasuk sebagai komponen aktif bisa juga dipakai untuk pengontrol arus listrik. Dengan adanya dioda, sumber cahaya memberikan lebih banyak control atas kecerahan serta peredupan layar, karena dioda dapat dihidupkan dan dimatikan secara independen.

LCD
LCD atau nama panjangnya teknologi Liquid Crystal Display, teknologi LCD merupakan televisi yang menggunakan layar datar dan memanfaatkan teknologi dari Liquid Crystal Display. Pada jenis LCD ini terdapat dua lapisan kaca yang sudah terpolarisasi dan saling menempel. Kristal-kristal cair yang terdapat di salah satu lapisan mempunyai fungsi yaitu memblokir cahaya agar menghasilkan gambar saat layar dilewati oleh arus listrik. Namun Kristal tersebut tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri.

Cahaya biasanya berasal dari rangkaian lampu yang terletak di belakang layar. Dengan adanya bantuan lampu neon ini maka gambar yang dibuat oleh Kristal menjadi terlihat lebih jelas. Selain itu kualitas dari monitor juga menghasilkan gambar yang tinggi. TV LCD dapat di buat dengan desain yang tipis, dan bermanfaat dalam menghemat ruangan, selain itu pengguna juga dapat leluasa menempatkan TV LCD di mana saja bahkan di tempelkan di tembok.

Kesimpulan dari perbedaan LED dan LCD :


  1. Penciptaan gambar dan warna pada teknologi LED masih menggunakan teknologi yang sama denga LCD.
  2. Layar LED mengkonsumsi daya 50-70% lebih rendah daripada layar LCD
  3. TV LED menggunakan Light Emitting Dioda, sedangkan layar LCD TV menggunakan lampu neon sebagai lampu latar (backlight).
  4. TV LED hanya dianggap perkembangan TV LCD versi baru
  5. Backlight LED jauh lebih awet dan irit listrik dibandingka dengan backlight LCD
  6. Keseimbangan dan saturasi warna pada layar LED lebih baik
  7. Ukuran layar LED bisa lebih tipis dari pada LCD
  8. Harga monitor atau televisi LED masih lebih mahal dibanding LCD

Itulah perbedaan antara teknologi LCD dan LED. Baca juga perkembangan teknologi Komputer dan TV yang semakin canggih di bawah ini :

Demikian info yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar