By Galih at 12.26 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Macam-macam Bioteknologi - Apa itu bioteknologi? sebelum kita bahas tentang macam-macam bioteknologi, mari kita bahas sedikit pengertian bioteknologi. Bioteknologi adalah gabungan antara ilmu alam dan ilmu teknologi yang sudah ada sejak jaman dulu. Banyak pengertian tentang Bioteknologi, salah satu pengertian bioteknologi adalah penerapan prinsip-prinsip dari ilmu alam dan teknologi dengan tujuan memproses materi melalui agen biologi agar mendapatkan tingkat nilai yang lebih

Macam Macam Bioteknologi


Macam Macam Bioteknologi
Setelah membahas apa itu bioteknologi, sekarang kita bahas apa saja macam-macam bioteknologi. Dalam sejarah bioteknologi terdiri atas 2 macam yaitu Bioteknologi Konvensional dan Bioteknologi Modern. Dari 2 macam bioteknologi tersebut banyak dihasilkan berbagai macam bioteknologi yang bermanfaat. Mari kita simak apa saja macam-macam bioteknologi modern dan konvensional di bawah ini.

Bioteknologi Modern


Macam Macam Bioteknologi
Bioteknologi modern pada umumnya berhubungan dengan memanipulasi atau merekayasa materi genetik. Dalam hal ini materi genetik yang akan dimanipulasi atau direkayasa adalah DNA makhluk hidup. DNA yang umum digunakan berasal dari sel bakteri yang bernama plasmid ( sel eukariot dari kelompok yeast), dan DNA dari virus yang baik. Bioteknologi ini dikatakan modern karena segala sesuatunya dilakukan menggunakan metode yang canggih dan membuahkan hasil yang lebih baik, contohnya seperti di bawah ini:
  1. Vaksin malaria, Vaksin ini dibuat dari rekayasa genetik dengan memanfaatkan DNA dari virus cacar air yang kurang aktif.
  2. Interferon, Arti dari Interferon adalah sejenis protein yang dibuat dari DNA rekombinasi dengan tujuan menghambat replikasi virus.
  3. Pelestarian spesies langka, Biasanya pelestarian makhluk hidup yang sudah langka ini di lakukan dengan menggunakan teknik rekayasa genetik.


Untuk membaca lebih banyak macam-macam contoh bioteknologi modern baca disini : 13 Contoh Bioteknologi Modern

Bioteknologi Konvensional


Macam Macam Bioteknologi
Bioteknologi konvensional dapat diartikan sebagai bioteknologi yang prosesnya menggunakan mikroorganisme sebagai sarana untuk menghasilkan suatu produk dan bahan. Keunggulan proses bioteknologi konvensional ini dapat mengubah kandungan gizi yang terkandung dalam makanan sehingga memberi nilai tambah bagi makanan tersebut. Ada beberapa macam contoh bioteknologi konvensional seperti di bawah ini:


  1. Tape, Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar ketela atau singkong dan sereal seperti beras ketan, campuran yang dipakai dalam pembuatan tape adalah ragi atau  Saccharomyces cerevisiae.
  2. Tempe, Sobat pasti sudah tahu apa itu tempe kan? Tempe ini terbuat dari bahan dasar kedelai yang direbus dan menggunakan bantuan jamur Rhizopus stoloniferus atau ragi tempe.
  3. Bir, Sobat pasti tidak menyangka jika pembuatan Bir ini dibuat dari bahan mentah biji sereal ( contohnya gandum ) dengan agen hayati khamir dari jenis Aspergillus oryzae dengan cara difermentasi.

Masih  banyak lagi macam-macam contoh bioteknologi konvensional, baca disini : 11 Contoh Bioteknologi Konvensional

Itulah macam-macam Bioteknologi yang saya ketahui, mungkin sobat ada yang tahu lebih banyak silahkan menambahkan di komentar.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar