By Galih at 21.46 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Bagaimana cara cek IP Address? Internet dijaman sekarang merupakan kebutuhan bagi semua umat manusia. Dengan adanya internet banyak pekerjaan-pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat karena internet dapat menghubungkan kita dengan komputer yang sangat jauh di sana.

Untuk dapat berkomunikasi satu sama lain dengan komputer lainnya, komputer memerlukan sebuah alamat komputer yang akan dituju agar komputer dapat mengirim data yang diperlukan. Alamat tersebut juga dijadikan sebagai nomor ID atau identitas bagi komputer yang akan menerima data tersebut. Alamat yang dimaksud dinamakan IP address.

Cara Cek IP Address di Komputer Kita


Cara Cek IP Address Komputer Kita

IP address atau nama kepanjangannya adalah Internet Protocol addreess merupakan identitas yang biasanya ditulis dengan beberapa angka dan biasanya disematkan atau berada di komputer atau benda lain yang di dalamnya menggunakan internet protocol atau IP sebagai jalur berkomunikasi.

Dalam penulisannya, IP address umumnya menggunakan bilangan biner. Tapi untuk lebih memudahkan sobat dalam membacanya, IP address ditulis dengan angka dan dipisahkan dengan titik dan setiap titik terdapat 4 angka desimal.

Internet Protocol address atau IP address juga dibagi menjadi lima kelas diantarnya kelas A, B, C, D dan E yang mana disetiap kelas perbedaannya hanya pada jumlah dan ukuran. IP address ini digunakan untuk menjadi alamat lokasi jaringan yang dapat dipakai untuk mengetahui dimana komputer itu berada.

Maka tidak heran kalau para peretas dunia maya yang banyak merugikan orang lain seperti mengambil uang, mencuri data-data website dan merusak website dapat tertangkap padahal lokasinya yang begitu jauh bahkan di luar negeri sekalipun. IP address itulah yang akan menunjukkan dari mana asal serangan pada sebuah website dilakukan. IP address ini juga dapat digunakan untuk membuka website yang sudah diblokir oleh provider.


Cara Mengecek IP Address  Komputer


Mengetahui Internet Protocol address atau  IP address seperti dijelaskan di atas yang dapat menunjukkan di mana sebuah komputer itu berada. Ada 2 cara cek IP address yang bisa sobat lakukan. Cara yang pertama yaitu melalui tools command prompt, yang berada di komputer Windows Sobat. Bukalah command prompt, dengan cara mengeklik tombol start menu, kemudian pilih Run lalu ketik "cmd" dan tekan tombol enter.

Untuk Windows 8 sobat dapat membuka command prompt dengan cara menekantombol Windows + R dan tekan enter. Kalau sudah keluar menu command prompt, ketik perintah "ipconfig" untuk mengetahui IP Address pada komputer sobat. Jika sobat ingin mengetahui IP address pada sebuah website silahkan ketik perintah "ping" dan diikuti dengan website yang dituju seperti contohnya facebook .com,

Jadi kata perintahnya dituliskan dengan ping www. facebook .com kemudian tekan tombol enter. Setelah itu akan muncul sebuah keterangan alamat IP address dari google yang ditulis dengan angka dan dipisahkan dengan titik-titik. Sobat juga dapat menggunakan beberapa situs yang menyediakan layanan untuk mengetahui alamat IP address dari sebuah web.

Salah satu contohnya adalah whatismyipaddress .com. Setelah mengunjungi website tersebut, sobat tinggal memasukkan nama domain yang diinginkan, setelah sobat klik maka akan muncul IP address-nya. Itulah cara bagaimana mengetahui IP address, cukup mudahkan cara cek IP address komputer baik melalui commant prompt ataupun dengan melalui bantuan website.

Baca juga artikel terkait dibawah ini
Semoga artikel yang sudah sobat baca ini dapat berguna dan bermanfaat, jangan lupa klik share kesemua temanmu ya.

Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar