By Galih at 18.06 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Popularitas website terus mengalami peningkatan. Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat website merupakan salah satu platform paling efektif untuk bisa membangun kehadiran online, baik untuk bisnis maupun untuk kebutuhan personal.



Sebelum membuat website ada baiknya Anda melakukan budgeting untuk memperkirakan biaya apa saja yang diperlukan. Tanpa ada perencanaan yang jelas bisa jadi Anda malah akan menghabiskan uang lebih dari yang semestinya.  

Berikut adalah beberapa biaya yang harus diperhatikan saat melakukan budgeting untuk website

Web Hosting

Web hosting ibarat rumah untuk website Anda dimana semua data website akan disimpan dan bisa diakses oleh publik melalui server. Setiap website memiliki kebutuhan web hosting yang berbeda-beda, sehingga memilih web hosting yang tepat merupakan hal penting demi tercapainya kesuksesan website. Semakin kompleks dan besar suatu website, maka semakin besar pula kebutuhan sumber daya yang diperlukan agar performa tetap terjaga.

Secara umum web hosting bisa dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu shared web hosting, VPS hosting, dan dedicated server. Masing-masing memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda sehingga sebelum memilih paket web hosting terbaik untuk website ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal seperti

● Berapa besar traffic website di masa datang
● Berapa bandwidth yang dibutuhkan oleh website
● Apakah website membutuhkan dedicated server

Setiap penyedia hosting memiliki paket hosting dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda, namun sebaiknya sebelum menetapkan web hosting pastikan penyedia web hosting mampu memenuhi kebutuhan website di masa datang. Jika Anda tidak bisa melakukan upgrade dengan mudah karena keterbatasan paket web hosting yang ditawarkan maka sebaiknya Anda tidak memilih penyedia tersebut, karena opsi untuk melakukan scale up sangat penting bagi suatu website.

Biaya web hosting merupakan salah satu biaya terbesar yang dikeluarkan untuk membuat dan mengelola website. Sebisa mungkin pasti Anda ingin mendapatkan web hosting terbaik dengan harga yang terjangkau. Bagi pemilik bisnis kecil menengah dan blogger, Anda bisa memanfaatkan promo black friday Hostinger ini untuk membeli paket web hosting sesuai kebutuhan website.


Domain

Selain web hosting, website Anda memerlukan domain. Domain merupakan alamat dan identitas website. Biasanya Anda perlu membeli domain dan melakukan perpanjangan setiap tahun.

Harga registrasi domain tergantung pada ekstensi domain yang Anda pilih. Beberapa ekstensi yang paling banyak digunakan antara lain seperti .com, .net, .org. Namun Anda juga bisa memilih ekstensi domain yang menggambarkan lokasi Anda seperti .co.id dan .id.

Anda bisa mendapatkan domain .com dengan membayar sekitar Rp 90.000 hingga Rp100.000 sementara untuk ekstensi domain .id memang bisa dibilang lebih mahal, dengan kisaran harga Rp300.000.


Perlindungan Website

Aspek lain yang perlu diperhatikan saat membangun website adalah keamanan website, terutama jika website Anda memiliki data-data penting dan sensitif seperti password, kartu identitas, dan kartu kredit.

Kejahatan siber bisa saja mengintai website Anda kapanpun dan memiliki dampak negatif untuk reputasi website atau bisnis, oleh sebab itu penting untuk melakukan pencegahan dari awal dengan menggunakan sistem perlindungan yang direkomendasikan, seperti sertifikat SSL.

Beberapa penyedia web hosting memasukkan sertifikat SSL di dalam paket web hosting yang mereka tawarkan. Tapi jika paket web hosting yang Anda pilih tidak memiliki sertifikat SSL, Anda bisa membeli sertifikat SSL secara terpisah.

Biasanya ada 2 tipe SSL yang bisa Anda beli secara terpisah yakni SSL tahunan dan SSL seumur hidup. Tentu kedua tipe ini menawarkan spesifikasi dan level proteksi yang berbeda. SSL seumur hidup menggunakan tipe standard LE SSL sedangkan SSL tahunan biasanya menggunakan tipe Comodo positive SSL yang menawarkan garansi hingga $10,000.

Plugin

Pernah mendengar istilah plugin? Plugin adalah bagian dari suatu software yang berisi perintah-perintah dan bisa ditambahkan ke website terutama untuk website berbasis WordPress guna meningkatkan fungsionalitas website.

Sebagian besar orang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan coding. Plugin hadir menawarkan solusi untuk bisa mengembangkan website sesuai dengan kebutuhan website. Banyak sekali plugin WordPress yang tersedia di pasaran, masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Ada plugin untuk SEO, toko online, anti spam, dll. Beberapa plugin bisa didapatkan secara gratis, meski banyak juga yang menawarkan versi premium untuk fitur yang lebih lengkap dan canggih.

Plugin apa saja yang harus diinstall di website sangat bergantung pada jenis dan kebutuhan website. Sebelum membuat website, cari tahu lebih lanjut mengenai plugin-plugin yang harus digunakan sekarang dan masa datang, sehingga Anda bisa memperkirakan besarnya anggaran yang harus disisihkan untuk membeli plugin.

Desain Website

Desain atau tampilan suatu website merupakan hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat website, sehingga diperlukan perencanaan yang matang.  

Desain atau tampilan website unik tentu akan membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan desain atau tema website standar yang bisa didapatkan dengan biaya relatif terjangkau.

Komunikasikan desain dan tampilan yang Anda inginkan dengan pembuat website Anda, terutama jika menggunakan jasa pihak ketiga, supaya Anda memiliki gambaran berapa besar budget yang harus dikeluarkan untuk keperluan desain.

Bagian sebagian orang membuat website mungkin perkara mudah, namun banyak juga yang masih belum tahu berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun website. Dengan mengetahui biaya-biaya tersebut, perencanaan anggaran bisa dilakukan dengan seksama dan Anda bisa membangun website impian sesuai budget yang telah ditetapkan.









Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar