By Galih at 20.15 , have 8 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara cek RAM android pastinya wajib diketahui oleh sobat yang menggunakan smartphone dengan operasi sistem atau OS Android. Mengapa saya katakan wajib? Karena hal ini sangat diperlukan ketika sobat menggunakan smartphone untuk menunjang aktivitas sobat sehari-hari.

Mengetahui RAM pada ponsel android juga diperlukan ketika sobat berniat untuk membeli smartphone Android. Karena biasanya hal ini menjadi salah satu pertimbangan sobat saat akan membeli smartphone yang cocok buat aktivitas sobat.

Cara Cek RAM HP Android

Cara Cek RAM HP Android

Siapa yang tidak tahu dengan RAM, RAM adalah media penyimpanan sementara pada ponsel sobat, termasuk ketika sobat memiliki ponsel pintar beroperasi sistem Android. Jika ukuran RAM sobat besar, maka pastilah ponsel pintar sobat dapat bekerja dengan cepat walaupun sobat mendownload program yang sangat banyak untuk menunjang ponsel sobat. Ketika ponsel sobat sudah terasa lola atau lemot, maka sobat bisa mengecek sisa kapasitas RAM pada Android. Jadi bagi sobat yang mengaku penggemar android, tentunya wajib dan harus mengtahui cara cek RAM Android, kecuali kalau sobat mau dibilang kuper atau Gagap Teknologi (GAPTEK) sama teman-teman sobat.

Cara mengecek RAM android tidak harus sobat pelajari seperti saat sobat belajar di sekolah yang sampai berbulan-bulan karena cara untuk cek RAM android ini terbilang sangat mudah untuk dipelajari. Hanya saja kalau rasa malas sudah melanda sobat, maka alasan sulit atau malas tersebut yang akan membuat sobat tidak bisa. Sehingga, sobat akan menggandalkan kemampuan dari teman sobat. Hanya untuk hal yang mudah dan sepele, yaitu untuk mengecek RAM pada ponsel android sobat. jika sobat bisa belajar sendiri, mengapa harus minta tolong pada teman sobat. Sebaliknya sobat harus bangga jika sobat bisa membantu teman sobat, bukan malah sobat yang dibantu oleh teman sobat.


Langkah-langkah mengecek RAM android


Di artikel ini, saya akan memberikan cara cek RAM android agar sobat tidak terus-terusan mengandalkan bantuan dari teman sobat dan bisa membuktikan bahwa hal ini mudah untuk dipelajari sertah mudah untuk di praktikkan. Dan langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Pilih menu setting pada smartphone android sobat
  • Kemudian, sobat pilih menu application atau menu App yang berada di dalam menu ‘setting’ 
  • Pada menu ‘application’ atau App ini, sobat pasti akan bingung dengan 4 menu yang ditampilkan, tapi sobat harus memilih satu saja yaitu ‘Running” 
  • Setelah sobat memilih running maka akan muncul sisa RAM pada ponsel android sobat yang biasanya ditandai dengan warna biru untuk RAM yang sudah digunakan dan warna abu-abu untuk sisa RAM

Demikianlah Cara cek RAM Android, sangat mudah dan simpel bukan caranya. Untuk sobat pengguna ponsel android, saya punya aplikasi untuk android yang sangat hemat RAM, untuk memiliki aplikasi tersebut silahkan klik disini.

Baca juga artikel yang terkait seperti dibawah ini

  1. Cara cek IP Address
  2. Cara Cek OS Android
  3. Cara Cek HP Samsung

Semoga dengan membaca artikel diatas dapat menambah pengetahuan sobat dan bisa menjadi bermanfaat.

Catatan : cara di atas mungkin ada yang tidak bisa di gunakan di smartphone tertentu, silahkan tanya di komentar jika ada kesulitan, dan jangan lupa share ya.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

8 komentar:

  1. gan.. mok di hp saya pengaturannya beda. .-. Pas liat ram ternyata gak kelihatan kapasitasnya.-.

    BalasHapus
  2. Gan HP Xiaomi saya ga bisa ngecek RAM nya,gmn tuh gan ,meski udh masuk d app trs runnning ,ttep ga bisa di tampilkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk kemenu pengaturan trus pilih about phone

      Hapus
  3. Gan HP Xiaomi saya ga bisa ngecek RAM nya,gmn tuh gan ,meski udh masuk d app trs runnning ,ttep ga bisa di tampilkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk HP Xiaomi cara cek RAM-nya lewat pengaturan lalu pilih tentang ponsel atau about phone

      Hapus
  4. untuk tab advan i7a gmn cara cek ram yg terpakai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk menu pengaturan, lalu pilih memori, nanti muncul total ram, sisa ram, dan pemakaian ram

      Hapus